BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi mengumumkan bahwa gelaran Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFF U-19 2020 yang berlangsung di Indonesia ditunda, karena pandemi Virus Corona (COVID-19).

Rencananya, Piala AFF U-16 tersebut akan dilangsungkan pada Juli mendatang. Sedangkan untuk Piala AFF U-19 2020 akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Tidak hanya dua kompetisi itu saja yang mengalami penundaan. Piala AFF Putri (Mei) dan Piala AFF U-18 Putri (Juni) yang berlangsung di Filipina dan Indonesia pun mengalami penundaan.

Presiden AFF Khiev Sameth, menganggap kegiatan kerumunan massa seperti sepak bola memiliki risiko besar saat mewabahnya Virus Corona. Maka dari itu, AFF lebih memilih untuk menunda kompetisi tersebut.

"Ini saat yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, termasuk komunitas sepak bola kami. Kami akan berusaha melewatinya bersama," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

Baca Juga:

Demi Timnas Indonesia di Piala AFF, Ketum PSSI Mochamad Iriawan Berharap Virus Corona Tak Ganggu Jadwal Liga 1

PSSI Akan Terbitkan Tata Tertib Pemain Timnas Indonesia

"Kami membuat keputusan menunda dan bila perlu membatalkan turnamen untuk meminimalisasi kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," ujar Khiev Sameth.

"Kami akan terus mengawasi dan melakukan perubahan jadwal bila diperlukan. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," tutup Khiev Sameth.

Sementara itu, sejauh Ini belum ada kabar soal penundaan Piala AFF 2020. Piala AFF 2020 masih sesuai jadwal pada November 2020 . Bahkan rencananya Piala AFF 2020 akan dimajukan pada bulan Oktober 2020.