BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 akhirnya menemui kejelasan terhadap status, dengan penghentian untuk sementara waktu oleh PSSI. Force majeure menjadi alasan utama, lantaran pertimbangan kesehatan harus diutamakan atas merebaknya isu virus corona.

Tak pelak, situasi ini jelas memukul sejumlah pelaku sepak bola. Tak terkecuali bagi kalangan agen pemain, yang berharap para mitra kerjanya mendapatkan skema terbaik terkait hak dan kewajibannya.

"Menurut saya pribadi, seharusnya sudah realistis. Karena para pemain juga tidak ada aktivitas lagi, tetapi masih dibayar," ucap Aggy Eka Ressy, agen yang menaungi sejumlah pemain asing di Liga 1 musim ini.

Baca Juga:

Umuh Muchtar Sebut Para Pemain Persib Waswas Setelah Wander Luiz Terjangkit Virus Corona

Persita Dukung Kebijakan PSSI Terkait Force Majeure Liga 1 2020

Selaras dengan usulan klub melalui hasil virtual meeting, PSSI menetapkan besaran kompensasi yang diterima semua anggota tim.

Setiap klub diwajibkan untuk membayar sampai 25 persen dari gaji para pemain, staf pelatih hingga ofisial, selama masa penghentian kompetisi hingga 29 Mei nanti. Artinya, semua pemain hanya menerima gaji 50 persen dalam dua bulan kontrak ke depan.

"Sangat bisa dimengerti. Apalagi, klub juga pasti kesulitan (dengan tidak adanya pertandingan). Tim sekelas Barcelona saja, gaji pemainnya juga dipotong," lanjut agen berusia 30 tahun yang mewakili agensi dari Belanda tersebut.

Pada musim ini, klien Aggy tersebar di sejumlah klub Liga 1. Beberapa nama diantaranya adalah Aryn Williams (Persebaya Surabaya), Jefferson Alves (Persik Kediri), Alex Dos Santos (Tira Persikabo) hingga Adam Mitter (Persiraja Banda Aceh). (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)