Agenda PSSI, FIFA, AFC, dan Pemerintah terkait Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 13 Oktober 2022
Agenda PSSI, FIFA, AFC, dan Pemerintah terkait Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersama perwakilan FIFA dan AFC. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI membeberkan rencana kegiatan FIFA dan AFC selama berada di Indonesia. Kedatangan FIFA dan AFC ini berkaitan dengan Transformasi Sepak Bola Indonesia yang diminta Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) pasca Tragedi Kanjuruhan.

Agenda Transformasi Sepak Bola Indonesia dimulai melalui pertemuan antara PSSI, FIFA, AFC, dengan sejumlah kementerian terkait dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (13/10).

Sejumlah kementerian yang dimaksud antara lain Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Pertama di Jakarta sekarang (13 Oktober 2022) membahas timeline dan action plan serta pernyataan lengkap. Kita sudah sepakat tadi (membentuk Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia)," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

PSSI akan kembali mengadakan pertemuan dengan FIFA dan AFC untuk membahas kelanjutan rencana kerja yang disusun Satgas Transformasi Sepak Bola. Pertemuan ini rencananya berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17 Oktober.

"Kemudian tanggal 18 (Oktober), Presiden FIFA akan bertemu dengan Presiden Indonesia dan PSSI tentunya yang akan diadakan di Jakarta. Presiden FIFA (Gianni Infantino) akan terbang ke Jakarta setelah berkegiatan tanggal 17 dari Kuala Lumpur."

Baca Juga:

Lanjutan Liga 1 2022/2023 Rencananya Dimulai Akhir November

PSSI Bentuk Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia bersama FIFA, AFC, dan Pemerintah

"Isinya komitmen FIFA, PSSI, dan pemerintah. Kita bersyukur bahwa presiden kita memperhatikan sepak bola dan tahu betul tentang batasan sepak bola apa yang harus dilakukan pemerintah dan apa yang bisa dilakukan FIFA dan sebagainya. Itu sungguh memberikan semangat yang luar biasa bagi Indonesia," ucapnya.

Kemudian pada 28 Oktober akan digelar kegiatan FIFA Football for School. Rangkaian kegiatan ini akan ditutup oleh agenda G20 di Bali pada 11 November mendatang yang rencananya turut dihadiri Presiden FIFA.

"Ini nanti tonggak pertama untuk memastikan keamanan sepak bola di kita secara khusus, kemudian nanti di Bali tanggal 11 November 2022, Presiden FIFA akan hadir dalam G20," jelasnya.

"Ini adalah tonggak kedua untuk menyatakan bahwa Indonesia adalah tempat yang aman untuk acara internasional dan siap memulai liga," pungkasnya.

Sementara itu, kompetisi Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan pada 25-26 November 2022. Namun, sebelum Liga 1 kembali bergulir sepenuhnya, akan dilakukan uji coba terhadap sejumlah aturan dan regulasi baru. Uji coba tersebut akan dilakukan dalam rentang waktu 15-18 November 2022.

Timeline Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia:

1. 13 Oktober: Pembentukan dan Penyusunan Timeline Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia

2. 17 Oktober: PSSI, FIFA, dan AFC melakukan pertemuan koordinasi di Kuala Lumpur, Malaysia

3. 18 Oktober: Pertemuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, bersama PSSI dan AFC di Jakarta

4. 28 Oktober: Kegiatan FIFA Football for School di Jakarta

5. 14 November: Perkuat Komunikasi kepada Publik dan Seluruh Stakeholder Sepak Bola

6. 15 November: Komunikasi di G20 Bali bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden FIFA, menyuarakan Indonesia adalah tempat yang aman untuk ajang internasional dan siap memulai liga.

7. 15-18 November: Uji Coba Regulasi Baru Hasil Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia di Lanjutan Liga 1 2022/2023

8. 25-26 November: Lanjutan Liga 1 2022/2023 Digelar dengan Sepenuhnya

Pssi Fifa Afc Mochamad Iriawan Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.326

Bagikan