BolaSkor.com - PSSI ikuti pemerintah terkait kebijakan mengantisipasi Virus Corona (nCoV). Hal ini memang berkaitan dengan agenda Timnas Indonesia di pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Skuat Garuda Muda masih menjalani tiga sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang melawan Thailand (26 Maret), lalu laga kandang menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) (31 Maret), dan kembali tandang melawan Vietnam (4 Juni).

Thailand dan Vietnam menjadi dua negara ASEAN yang memiliki pasien suspect Virus Corona. Bahkan, Virus Corona sudah menyebar hingga Singapura.

"Kalau Pemerintah tidak boleh berkunjung ke negara tertentu, kami akan mengikutinya. Negara tentu sudah punya kajian sebelum mengeluarkan kewenangan atau kebijakan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Cucu Somantri.

Tak hanya agenda Timnas Indonesia, Virus Corona juga bisa menggangu wakil Indonesia di Piala AFC 2020, Bali United dan PSM Makassar. Di mana, Bali United dan PSM Makassar melakoni laga di Vietnam hingga Singapura.

Bali United tergabung di Grup G bersama Ceres Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam), dan Preah Khan Reach Svay Rieng (Kamboja). Sementara itu, PSM tergabung di Grup H bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya FC (Filipina), dan Shan United (Myanmar).

Baca Juga:

Ancaman Virus Corona Ganggu Rencana Uji Coba Internasional Dua Lawan Timnas Indonesia di Sisa Kualifikasi

Masuk TC Timnas Indonesia, Adi Satrio Dapat Pesan dari Pelatih Kiper PSMS Medan

Cucu Somantri pun mengatakan, untuk wakil Piala AFC, PSSI juga ikut kebijakan Pemerintah dan meminta pertimbangan AFC.

Ia mencontohkan di mana Pemerintah meningkatkan status travel warming ke Singapura oleh Kementerian Luar Negeri. Di mana, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke Singapura perlu waspada. Dengan melakukan pencegahan agar tak terpapar Virus Corona.

Hal itu bisa dilihat ketika PSM Makassar menjalani laga kandang melawan klub Singapura, Tampines Rovers, Rabu (12/2) kemarin.

"Kami sudah berkoordinasi dengan AFC terkait Virus Corona. Klub-klub juga kami minta mengantisipasi hal tersebut," tambah Cucu.

Virus Corona pertama kali muncul di Wuhan, China. Kini Virus tersebut sudah mulai merambah ke negara-negara lain, seperti Korea Selatan, Jepang, Thailand, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Prancis, hingga Amerika Serikat.

Kasus Virus Corona saat ini telah mencapai 60.060 kasus dengan 1.362 menelan korban jiwa dan 5.901 dinyatakan sembuh dari virus mematikan ini.