Aji Bertekad Bawa Persebaya Finis di Papan Atas dengan Komposisi Baru

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 11 Mei 2021
Aji Bertekad Bawa Persebaya Finis di Papan Atas dengan Komposisi Baru
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menegaskan fokus untuk membangun tim baru menjelang Liga 1 2021. Tim kebanggaan Bonek tersebut kehilangan banyak pemain menyambut kompetisi musim 2021. Bahkan, saat menghadapi turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu, mereka diperkuat sejumlah pemain muda jebolan Elite Pro Academy (EPA) Persebaya.

Sebelumnya, Persebaya telah ditinggal David Aparecido da Silva, Makan Konate, Aryn Glen Williams, Madmoud Eid, Hansamu Yama, Patrich Wanggai, Irfan Jaya, Angga Saputra, Rivky Mokodompit, Zoubairou Garba, M Nasir, dan Bayu Nugroho. Bahkan, ditengah gelaran Piala Menpora 2021, pecinta Persebaya dikejutkan dengan kabar hengkangnya pemain serba bisa Abu Rizal Maulana.

Alhasil, situasi ini membuat Aji Santoso harus menguatkan pondasi tim Bajol Ijo. Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut memastikan tetap memboyong pemain-pemain jebolan EPA Persebaya ke tim senior.

Baca Juga:

Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Pelatih PSIS Semarang Anggap Logis

Persik Dukung Wacana Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Mereka adalah Marselino Ferdinan, Dicky Kurniawan, dan Akbar Firmansyah. Ketiganya mengikuti jejak Ernando Ari, Andhika Ramadhani, Rizky Ridho Ramadhani, Koko Ari Araya, Muhammad Kemaluddin, dan Moch. Supriadi yang lebih dulu promosi ke tim senior Persebaya.

Tim asal Kota Pahlawan ini telah mendatangkan kiper Satria Tama, duo fullback kiri Reva Adi Utama dan Frank Rikard Sokoy, gelandang Ady Setiawan serta striker gaek Samsul Arif. Selain itu, Aji juga berhasil mempertahankan sejumlah pilar seperti Rachmat Irianto, Arif Satria, Mokhamad Syaifuddin, Muhammad Hidayat, Ricky Kambuaya, Rendi Irwan, Alwi Slamat, Hambali Tholib hingga Oktafianus Fernando.

Kini, Aji Santoso tengah menunggu pemain-pemain asing untuk melengkapi kepingan puzzle tim idamannya. Bahkan, proses negosiasi dengan pemain asing berjalan sesuai dengan rencana.

Satu dari empat pemain asing yang dibidik sudah menyepakati nilai tawaran yang disodorkan manajemen. Tinggal melanjutkan ke proses kedatangan pemain tersebut ke Surabaya.

"Semoga sebelum berangkat pemusatan latihan, pemain asing sudah tiba sehingga kami bisa mempersiapkan tim dengan baik," harap pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Dengan skuat yang dimiliki saat ini, ia berani menargetkan Persebaya dapat berbicara banyak di kompetisi resmi. Kepercayaan dirinya itu berdasar pada performa pemain dan bintang muda selama turnamen pramusim Piala Menpora lalu.

Apalagi, Persebaya selalu finis di papan atas selama berkiprah di Liga 1. Pada musim 2018, mereka menduduki peringkat kelima klasemen akhir Liga 1. Semusim berikutnya, Aji mengantar Persebaya menjadi runner-up kompetisi.

"Targetnya sama sebenarnya dengan turnamen pramusim. Saya optimistis kami bisa bersaing di papan atas. Meski mengandalkan pemain muda," terang mantan pelatih timnas Indonesia tersebut. "Dan dengan tambahan pemain asing berkualitas yang akan datang, saya makin yakin tim ini bisa berbicara banyak di liga," tandas Aji.

Saat ini tim telah diliburkan dan akan kembali berkumpul pada 18 Mei mendatang. Setelah itu Persebaya berencana menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan