Aji Santoso Kesal Kepemimpinan Wasit, Persebaya Kirim Surat Protes

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 22 Oktober 2021
Aji Santoso Kesal Kepemimpinan Wasit, Persebaya Kirim Surat Protes
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Perangkat pertandingan Liga 1 2021/2022 kembali bikin kontroversi. Kali ini terjadi pada laga derbi Jatim antara Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan. Karena itu, Aji Santoso, pelatih Persebaya, meminta manajemen untuk mengajukan protes ke PSSI terkait buruknya kinerja perangkat pertandingan pada laga tersebut.

Persebaya sendiri gagal meraup poin penuh kala melakoni derbi Jatim melawan Persela. Laga yang digeber di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman itu berakhir sama kuat dengan skor 1-1 tadi malam (21/10). Dimana, Persebaya unggul lebih dulu melalui Ricky Kambuaya pada menit ke-12. Persela baru menyamakan kedudukan melalui Ivan Carlos França Coelho pada menit ke-35.

Insiden kontroversial pada laga yang dipimpin wasit Musthofa Umarella terjadi pada menit ke-34. Saat itu, eksekusi tendangan bebas Jose Wilkson Teixeira Rocha terlihat sudah masuk masuk ke gawang Persela sebelum ditangkap lagi oleh kiper Dwi Kuswanto. Padahal, wasit dan asisten wasit 2 dalam posisi ideal untuk melihat proses terjadinya gol itu.

Baca Juga:

Iwan Setiawan Tak Nyaman Persela Seakan Dibantu Wasit

Hasil Liga 1: Persik Menang, Derbi Jatim Berakhir Imbang

Selepas itu, wasit lisensi FIFA sejak 2018 tersebut yang tidak mengesahkan gol tersebut dan tetap menyatakan laga berlanjut di tengah protes para pemain. Dalam situasi ini, Persela dengan cepat melakukan serangan balik ke pertahanan Persebaya.

Hasilnya, Persela mampu menyamakan kedudukan melalui Ivan Carlos. Padahal, penyerang Brasil itu dalam posisi offside karena berdiri begitu jauh di belakang pemain terakhir Persebaya.

Menurut Aji, mustahil jika asisten wasit satu tidak melihat hal itu. Apalagi, pasca pertandingan, Carlos mengakui kalau posisinya saat mencetak gol ke gawang Persebaya sebenarnya offside.

"Ketika masuk ke ruang ganti pemain, saya melihat foto, siaran ulang, bahwa kejadian yang pertama (Jose Wilkson), (itu) 100 persen gol. Karena sudah melewati batas garis (gawang). Yang kedua, gol yang dicetak Ivan Carlos itu offside, jauh sekali," kecam pelatih 51 tahun ini.

Mantan juru racik timnas Indonesia tersebut menyatakan sebelum laga ini, keputusan kontroversial wasit juga jadi sorotan pada pertandingan lain. Salah satunya insiden serupa yang terjadi pada laga Barito Putera kontra PSIS Semarang. Bahkan, menurut Aji, kualitas wasit yang buruk juga terjadi dalam laga-laga Liga 2.

"Saya akan berbicara dengan manajer Persebaya (Candra Wahyudi). Tapi menurut saya, sebagai evaluasi kami akan melakukan protes. Karena (ini) protes yang layak kami protes, bukan karena kami mengada-ada. Saya tidak melihat (kejadian) ini hanya di Liga 1, tapi juga di Liga 2 banyak keputusan-keputusan yang sangat kontroversial," ungkap Aji.

"Ini tidak bisa didiamkan kalau ingin sepak bola (Indonesia) berkembang maju. Jangan didiamkan. Entah itu di Liga 1 atau Liga 2, banyak kejadian sebelum (laga) Persebaya ini yang sangat janggal. Saya berharap demi kebaikan sepak bola Indonesia, demi fair play, harus segera melakukan evaluasi besar-besaran kepada wasit," pungkas pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Manajemen tim asal Kota Pahlawan tersebut telah berkirim surat ke PSSI, mendesak untuk adanya perbaikan wasit. Dengan harapan kualitas wasit dan pengadil yang baik akan menjaga marwah kompetisi. Yang baik diberi penghargaan, yang buruk dievaluasi dan sanksi. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Wasit Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan