Aji Santoso Maksimalkan Peran Salman Alfarid di Lini Belakang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 03 Juni 2023
Aji Santoso Maksimalkan Peran Salman Alfarid di Lini Belakang
Salah satu pemain serba bisa milik Persebaya Surabaya, Muhammad Salman Alfarid. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya memiliki sejumlah pemain multifungsi yang mampu ditempatkan di berbagai posisi untuk mengarungi kompetisi musim 2023/2024. Salah satunya yang menyita perhatian adalah Muhammad Salman Alfarid.

Selama ini, pemain berusia 21 tahun tersebut dikenal sebagai bek kiri. Nah, permainan Salman Alfarid mendapat sorotan ketika menjalankan peran sebagai bek tengah pada laga Surabaya 730 Game melawan Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (28/5) lalu.

Pemain dengan tinggi 174 cm tersebut tampil baik dan tenang mengawal lini belakang Persebaya berduet dengan Kadek Raditya Maheswara. Hasilnya, Salman Alfarid tampil kokoh menghalau serangan Bali United.

Pelatih Persebaya Aji Santoso sendiri memastikan memaksimalkan potensi Salman Alfarid. Apalagi saat ini Persebaya memiliki 8 pemain belakang. Dengan 3 diantaranya berposisi bek tengah. Yaitu, Riswan Lauhin, Kadek Raditya Maheswara, dan Yohanes Kandaimu.

“Kami (jumlah) pertandingan kan banyak. Kami punya pemain 8 (lini belakang) gak ada masalah di situ. Dia juga bisa (bermain) di stopper, bisa bek kiri,” kata Aji Santoso kepada BolaSkor.com ketika disinggung apakah akan mempermanenkan posisi eks Garuda Select Jilid I itu.

Baca Juga:

Skuat Gemuk, Persebaya Akan Lepas Sejumlah Pemain

Lagi, Persebaya Kesulitan Gunakan Fasilitas Pemkot Surabaya

“Saya lihat kualitasnya cukup mumpuni lah, permainannya bagus. Dia membaca permainan bagus, visi bermain juga bagus. Jadi ini juga baik untuk tim,” tambah pelatih berusia 53 tahun itu.

Posisi bek tengah bukan hal baru yang dijalani Salman Alfarid bersama Bajol Ijo. Sebelumnya Aji Santoso mulai merubah posisinya pada pertandingan pekan 32 Liga 1 musim lalu melawan Persija Jakarta ketika masuk di babak kedua.

Kemudian dilanjutkan pada pekan ke-33 melawan Persis Solo dimana pemain kelahiran Jakarta itu bermain penuh sebagai bek tengah. Menariknya, apa yang dilakukan oleh Aji Santoso secara tidak langsung mengembalikan posisi bermain awal pemain yang pernah membela Timnas Indonesia di Piala Pelajar Asia U-18 2019 itu.

Ya, pemain jebolan EPA Persija Jakarta itu semula seorang bek tengah yang bertransformasi menjadi bek kiri karena Fakhri Husaini yang melatihnya di Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-16 pada 2018 lalu. Pasalnya, bek kiri saat itu, Yudha Febrian, mengalami cedera. Dari situ, posisi bek kiri jadi langganan buat Salman Alfarid.

Musim lalu, Salman Alfarid menjadi pelapis dari Altariq Erfa Aqsal Ballah. Kini, dia akan bersaing dengan bek kiri sarat pengalaman, yaitu Reva Adi Utama. Menarik dinantikan kiprah penampilan Salman Alfarid berseragam Persebaya musim depan. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Muhammad Salman Alfarid Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan