Akademi Barito Putera Berkembang Pesat karena Banyak Sumbang Pemain ke Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 28 Februari 2019
Akademi Barito Putera Berkembang Pesat karena Banyak Sumbang Pemain ke Timnas Indonesia
Barito Putera. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Barito Putera mungkin menjadi tim dengan kontribusi paling nyata untuk Timnas Indonesia. Beberapa tahun terakhir, tim berjuluk Laskar Antasari itu selalu konsisten mengirim pemainnya ke skuat timnas di segala lininya.

Kontribusi paling nyata adalah Rafi Syaharil dan Muhamad Riyandi, yang turut mengantar Timnas Indonesia U-22 meraih trofi juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Selain keduanya, Barito Putera juga menyumbang Dandi Maulana, meski tidak dibawa ke Kamboja.

"Sekarang, ada Samsul Arif di Timnas Senior, dengan usianya yang segitu (34 tahun)," papar Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Baca Juga:

Akhiri Rangkaian Uji Coba, Barito Putera Tinggalkan Sejumlah Catatan Penting

Terpilih Masuk Timnas Indonesia, Samsul Arif Tak Salah Pilih Bergabung Barito Putera

Samsul Arif beserta Evan Dimas memang menjadi nama terbaru yang akan dikirimkan Barito Putera di skuat Timnas Indonesia pada level senior, sebagai bagian dari proyeksi tim asuhan Simon McMenemy pada pemusatan latihan mulai 6 Maret mendatang.

"Hal ini juga berarti, program pembinaan pemain dari Pak Hasnur (Sulaiman, CEO tim) cukup berhasil. Bisa mengorbitkan pemain ke Timnas adalah prestasi tersendiri," ungkapnya.

"Karena sesuai perkataan beliau dulu, bahwa tim ini dibangun memang untuk (memberi kontribusi kepada) bangsa," tambah pelatih kelahiran Brasil tersebut.

Sebelum itu, tim asal Kalimantan Selatan itu juga sudah mengorbitkan sejumlah nama pemain muda lain. Seperti Rizky Rizaldi Pora, Gavin Kwan Adsit, Bayu Pradana, maupun Hansamu Yama Pranata, yang sukses menjelma sebagai inti kekuatan Timnas Senior di sejumlah ajang bergengsi.

"Bahkan, Hansamu menjadi kapten di Timnas Senior, bukan tim usia 12 atau apa. Sebelumnya, tim ini tidak punya pemain yang menjadi kapten tim Timnas," tutupnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan.Malang)

Barito Putera Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.971

Bagikan