BolaSkor.com - Deretan pemain Persebaya Surabaya yang mendapat panggilan Timnas Indonesia kembali bertambah. Kali ini giliran pemain muda Akbar Firmansyah memikat Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-23.

Pelatih Persebaya Aji Santoso tak khawatir kembali kehilangan pemain. Dia justru mengaku bangga bisa berkontribusi langsung kepada timnas. Menurutnya, cepat atau lambat Akbar Firmansyah bakal berkostum timnas.

"Dari awal saya sudah feeling. Cepat atau lambat pasti akan dapat (panggilan timnas). Dan terbukti. Kami tidak khawatir (kehilangan pemain). Diambil satu tumbuh seribu. Kami akan pasok sebanyak-banyaknya pemain untuk timnas," ungkap Aji.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Kekurangan Setengah Kekuatan Lawan Timor Leste Gara-gara Ini

Wejangan Evan Dimas kepada Marselino Ferdinan: Main ke Luar Negeri

"Target saya pribadi sih mencetak bintang. Entah lokal atau asing. Ada kebanggaan tersendiri saat pemain yang kita pilih dan latih bersinar," tambah pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, PSSI sudah menghubungi Akbar Firmansyah untuk diminta membuat paspor guna kelengkapan registrasi. Arek Genteng, Surabaya, tersebut akan meninggalkan Persebaya pada 8-28 Februari 2022.

Akbar diproyeksikan bergabung dengan empat pemain yang lebih dulu bergabung seperti kiper Ernando Ari, duo bek Rachmat Irianto dan Rizky Ridho Ramadhani serta gelandang fenomenal Marselino Ferdinan.

"Saya sudah dihubungi PSSI. Katanya, surat panggilan nanti menyusul. Suruh buat paspor," ujar Akbar pada kesempatan terpisah.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong tengah membentuk tim yang disiapkan terjun di Piala AFF U-23 yang bakal digelar di Kamboja. Namun, empat nama tersebut dan Ricky Kambuaya masih akan membela timnas senior yang akan melawan Timor Leste pada ujicoba FIFA Matchday yang digelar di Bali (27/1) dan Minggu (30/1).

Lebih lanjut Aji menyebutkan bakal memoles pemain muda Bajol Ijo lainnya, yaitu Dicky Kurniawan. Gelandang jebolan Bintang Timur ini pernah membawa tim Persebaya juara Piala Soeratin U-17 musim 2018. Dia juga menyabet gelar individu sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

"PR sekarang tinggal naikkan (performa) Dicky. Soal memberi kesempatan (tampil) Dicky, akan kami lihat di lapangan. Yang jelas, dia juga punya kans untuk ke timnas," pungkas Aji.

Untuk diketahui, Akbar memulai debut profesional bersama Persebaya pada 23 Maret 2021 lalu melawan Persik Kediri di fase grup C Piala Menpora. Dia masuk di babak kedua, menggantikan Supriadi. Dari 20 pertandingan yang telah dijalani Persebaya di Liga 1 musim ini, Akbar sudah tampil delapan kali. Baik sebagai starter maupun pengganti. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)