Akhiri Dominasi PSG, Lille Juara Ligue 1 2020-2021

Arief HadiArief Hadi - Senin, 24 Mei 2021
Akhiri Dominasi PSG, Lille Juara Ligue 1 2020-2021
Lille (Laman Resmi Lille)

BolaSkor.com - Lille melanjutkan cerita cinderella musim ini dan menutupnya dengan keberhasilan meraih titel Ligue 1 2020-2021. Klub berjuluk Les Dogues mengakhiri dominasi PSG (Paris Saint-Germain).

PSG merupakan juara Ligue 1 tujuh kali selama sedekade terakhir. Dalam kurun waktu tersebut hanya ada Montpellier (2011-2012) dan AS Monaco (2016-2017) sebagai klub-klub yang pernah memenanginya selain PSG.

Lille memastikan titel juara itu usai menang 2-1 di markas Angers pada pekan 38, Senin (24/05) dini hari WIB melalui dua gol Jonathan David (10') dan Burak Yilmaz (45+1' penalti) yang diperkecil Angelo Fulgini (90+2').

Kemenangan 2-0 PSG atas Brest melalui dua gol Romain Faivre (bunuh diri 37') dan Kylian Mbappe (71') tidak lagi berguna. Pasalnya Lille tetap memimpin puncak klasemen dengan 83 poin dan PSG di urutan dua (82 poin), sedangkan di urutan tiga ada Monaco (78 poin).

Keberhasilan tim arahan Christophe Galtier memenangi titel Ligue 1 jadi yang pertama mereka raih sejak terakhir meraihnya pada musim 2010-2011. Lille konsisten bermain dan stabil di urutan satu klasemen dengan catatan 24 kemenangan, 11 hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Baca Juga:

Ironi PSG: Gagal di Eropa, Kini Terancam Kehilangan Takhta Domestik

Profil Sven Botman, Calon Bek Baru Liverpool Jebolan Akademi Ajax

Profil Jonathan David, Wonderkid dari Kanada Penerus Tradisi Lille

Selebrasi Lille

Lille tercatat sebagai penilik pertahanan terbaik dengan catatan 23 kebobolan dari 38 pertandingan. Kuatnya duet bek asal Belanda, Sven Botman dengan bek berpengalaman, Jose Fonte menjadi kunci kuatnya pertahanan Lille. Botman bahkan sudah diincar banyak klub Eropa.

Sementara di lini tengah ada Renato Sanches yang kariernya bangkit setelah sempat hilang di Bayern Munchen dan Swansea City. Lalu di depan ada Burak Yilmaz yang menunjukkan kualitas mencetak gol pada usia 35 tahun dan ditransfer dari Besiktas di musim panas lalu.

Kesuksesan Lille menyabet titel Ligue 1 juga spesial jika mengingat fokus mereka sempat terbagi ke Liga Europa sebelum disingkirkan oleh Ajax Amsterdam di 32 besar.

Christophe Galtier

"Mengalahkan PSG dalam perebutan titel Ligue 1 sangatlah hebat. Kepada ibu yang tengah berada di pusat rehabilitasi, saya mengirimkan kepada Anda rasa cinta," tutur Galtier dikutip dari Get France Football.

"Ayah yang ada di atas sana, titel Ligue 1 ini untuk Anda. Titel ini sangatlah hebat. Luis Campos (eks Direktur Olahraga Lille) adalah arsitektur tim ini. Saya tak bisa memberitahu Anda betapa saya mencintai skuad ini. Saya sangat mencintai mereka."

Lille akan mewakili klub dari Prancis di Liga Champions musim depan bersama PSG dan Monaco. Olympique Lyonnais akan bermain di Liga Europa setelah finish di urutan empat klasemen dan akan ditemani oleh Olympique Marseille, sementara Stade Rennes bermain di Liga Conference.

Breaking News Lille LOSC Lille Ligue 1 Ligue 1 Prancis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan