BolaSkor.com – Akhirnya, ada ‘manusia pertama’ lagi setelah Ricardo Kaka yang memenangi Ballon d’Or 2007 dan mengakhiri dominasi dua ‘alien’, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang telah meraihnya selama 10 tahun terakhir. Dia adalah gelandang Real Madrid, Luka Modric.

Di seremoni pemberian Ballon d’Or 2018 yang berlangsung di Grand Palais, Paris, Selasa (4/12) dini hari WIB, Modric terpilih sebagai pemenang Ballon d’Or 2018 di atas Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi. Selain itu, Ronaldo dan Messi juga tidak menghadiri acara tersebut.

“Perasaan ini benar-benar tak bisa dipercaya. Sebuah kehormatan besar berada di sini di antara pemain-pemain tersebut (yang pernah memenangi Ballon d’Or). Saya masih berusaha menyadari bahwa saya telah menjadi bagian grup dari pemain-pemain yang sangat hebat untuk memenangi Ballon d’Or,”begitu ucap Modrid pasca memenanginya, disadur dari BBC Sport.

Bukan hanya memutus rantai dominasi Messi-Ronaldo, Modric juga pemain asal Kroasia pertama yang memenanginya dan menjadikan tahun ini spesial karena ia juga meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA, Pemain Terbaik Eropa, Sepatu Emas Piala Dunia 2018, yang melengkapi raihan final Piala Dunia 2018 dan juara Liga Champions tiga kali beruntun dengan Madrid.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Bakal Absen pada Penganugerahan Ballon d'Or

Luka Modric Tak Khawatir Gagal Menangi Ballon d'Or

Cavani Jagokan Varane Menangi Ballon d'Or daripada Modric

“Dalam karier saya menyadari bahwa kerja keras dan kengototan di momen-moment sulit membentuk pondasi untuk menunjukkan talenta Anda,” tambah Modric.

“Saya kalimat yang saya ingin katakan ‘Hal-hal terbaik tidak pernah datang dengan mudah’. Bagi saya meraih semua ini, tidak ada yang mudah.”

Selain memberikan penghargaan Ballon d’Or 2018 kategori pria yang dimenangi Modric, ada juga kategori wanita yang dimenangi penyerang asal Norwegia yang bermain di Olympique Lyonnais, Ada Hegerberg, serta satu nominasi lainnya, yakni Kopa Trophy.

Penghargaan itu diberikan kepada pemain di bawah usia 21 tahun terbaik dan pemenangnya adalah juara Piala Dunia 2018 dengan timnas Prancis, Kylian Mbappe, yang baru berusia 19 tahun.

Berikut 10 besar Ballon d’Or 2018:

1. Luka Modric (Real Madrid dan Kroasia)
2. Cristiano Ronaldo (Juventus dan Portugal)
3. Antoine Griezmann (Atletico Madrid dan Prancis)
4. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain dan Prancis)
5. Lionel Messi (Barcelona dan Argentina)
6. Mohamed Salah (Liverpool dan Mesir)
7. Raphael Varane (Real Madrid dan Prancis)
8. Eden Hazard (Chelsea dan Belgia)
9. Kevin de Bruyne (Manchester City dan Belgia)
10. Harry Kane (Tottenham dan Inggris)