BolaSkor.com - Sempat menghiasi belantika persaingan Liga 1 2017 bersama Persib Bandung, nama Michael Essien belakangan ini tidak terdengar lagi. Gelandang berusia 35 tahun sedianya masih berstatus pemain Persib, namun, ia tidak didaftarkan untuk kompetisi Liga 1 2018.

Persib memilih untuk terus menggajinya hingga November mendatang, sampai kontraknya berakhir. Sampai waktu itu tiba, legenda Chelsea itu simpang siur dan memanfaatkan waktunya untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bersiap mengikuti laga eksibisi legenda Chelsea kontra legenda Inter Milan di Stamford Bridge pada 18 Mei mendatang, atau bernegosiasi dengan klub lain.

Pemain yang dahulu memiliki julukan Bison karena enerji besarnya ketika bermain, beserta kemampuannya dalam merebut bola dan membantu serangan, tampaknya juga masih akan bermain di wilayah Asia Tenggara. Pasca dirumorkan bermain di Malaysia, kini, Essien membuka pintu kemungkinan bermain di Singapura.

"Beritahu klub-klub (Singapura) untuk datang dan membeli saya. Saya suka Singapura, di sana sangat bersih, orang-orang berbicara dengan bahasa Inggris dan ramah. Saya sungguh-sungguh mengatakannya, akan jadi kesenangan bermain di sana. Jadi, beritahu mereka untuk mendatangi saya," ucap Essien kepada Goal Singapura, Rabu (16/5).

Jika benar demikian, maka Essien nantinya akan bermain untuk klub profesional kedelapan yang pernah dibelanya sepanjang karier. Pengemas 58 caps dan sembilan gol bersama Timnas Ghana pernah bermain untuk Bastia, Olympique Lyonnais, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, Panathinaikos, dan Persib Bandung.

Kesuksesan terbesar Essien diraih saat ia membela Chelsea selama sembilan tahun, pada medio 2005-2014 - sempat dipinjamkan ke Real Madrid pada musim 2012/13. Bersama The Blues, Essien meraih dua titel Premier League, tiga Piala FA, satu Piala Liga, Community Shield, dan Liga Champions.