Akhiri Tren Negatif Kontra Barito Putera, Pelatih Persebaya: Pemain Berhasil Jalankan Taktik

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 05 Desember 2021
Akhiri Tren Negatif Kontra Barito Putera, Pelatih Persebaya: Pemain Berhasil Jalankan Taktik
Pemain Persebaya Surabaya merayakan gol ke gawang Barito Putera. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya berhasil memperbarui catatan pertemuan dengan Barito Putera. Rekor tak pernah menang atas Barito Putera sejak Liga 1 2018 lalu diakhiri Persebaya lewat kemenangan dua gol tanpa balas di Stadion Manahan, Solo (4/12) malam.

Dua gol Persebaya berkat kontribusi wonderkid Marselino Ferdinan dan Taisei Marukawa. Gol pertama yang dicetak Marselino di menit ke-26 berawal dari umpan Marukawa. Di babak kedua, giliran Marselino yang memberi umpan kepada Marukawa. Pemain asal Jepang itu melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak dapat dijangkau kiper Barito Putera, Andri Prabowo pada menit ke-70.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menegaskan kemenangan ini berkat taktik yang mampu dijalankan para pemainnya dengan baik. Dia menilai pemain-pemainnya menunjukkan keras ekstra keras demi meraih kemenangan. Salah satunya adalah mematikan dua sayap lawan yakni Rafinha dan Rizky Pora.

"Taktikal mampu dijalankan dengan baik oleh para pemain," ungkap Aji dalam sesi jumpa pers secara virtual usai pertandingan.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persib dan Persebaya Kompak Menang

Persija Menang atas TIRA-Persikabo, Ilham Rio Fahmi Dipuji Angelo Alessio

Juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut mengaku terkejut dengan penampilan Frank Rijkaard Sokoy. Pemain berusia 24 tahun itu menjalankan peran di bek kiri, menggantikan Reva Ady Utama yang absen karena akumulasi kartu, dengan apik. Frank Sokoy sukses mematikan pergerakan Rizky Pora. Pun demikian dengan Ady Setiawan yang menyulitkan motor serangan Barito Putera, Rafinha alias Rafael Gomes de Oliveira.

"Saya sedikit terkejut dengan penampilan Frank Sokoy. Dia sangat bagus menjaga Rizky Pora. Juga Ady yang menjaga Rafinha. (Sebelum laga) setelah analisa permainan Barito, kami perlihatkan video kepada pemain," kata Aji.

Kendati demikian, pelatih 51 tahun itu juga menyayangkan kegagalan para pemain menambah gol. Sebab, beberapa kali tim asal Kota Pahlawan tersebut membahayakan gawang Laskar Antasari, julukan Barito Putera. Hanya saja, peluang yang didapat Bruno Moreira dan kawan-kawan gagal dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

"Kalau melihat dari (banyak) peluang, seharusnya bisa lebih dari dua gol. Mulai dari peluang Bruno yang terkena mistar gawng. Kalau sudah seperti itu bagaimana lagi. Kami tetap bersyukur dapat kembali meraih tiga poin setelah sebelumnya bermain imbang dengan Persik Kediri," pungkas Aji.

Tambahan tiga poin membuat Persebaya kokoh di peringkat kelima klasemen sementara dengan perolehan 27 poin dari 15 laga. Hasil ini juga membuat Persebaya belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhir. Tak hanya itu, mereka juga tidak kebobolan pada empat laga beruntun. Berikutnya, Persebaya akan menghadapi Persib Bandung pada Rabu (8/12) mendatang. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Aji santoso Barito Putera Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan