BolaSkor.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, harus menelan pil pahit usai menjalani MotoGP Inggris, Minggu (7/8). El Diablo gagal menuntaskan ambisinya meraih kemenangan.

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Silverstone ini, Quartararo harus mengakui kehebatan rival terdekatnya, Francesco Bagnaia. Pembalap asal Prancis itu hanya mampu finish di posisi kedelapan.

Kegagalan ini sekaligus menjadi pukulan telak bagi Quartararo. Sebab pada MotoGP Inggris 2021, El Diablo justru berhasil merebut podium pertama.

Quartararo menuturkan, kegagalan ini akibat permasalahan ban. Saat menjalani balapan, bannya sempat mengalami overheating.

“Saya meminta maaf pada balapan ini. Kita terus membicarakan penalti sepanjang waktu, tetapi pada akhirnya ada masalah lain yang mencuat. Masalah utama terletak di ban belakang, khususnya saat saya berada di belakang pembalap lain. Akibatnya saya kesulitan mengendarai motor, Ini merupakan mimpi buruk,” terang Quartararo, dikutip dari gpone.com.

Baca Juga:

5 Kandidat Peraih Kemenangan di MotoGP Inggris

Aprilia Kembali Terapkan Teknologi Velg Putih

“Ban menjadi overheating. Saya kehilangan performa dan tidak bisa mengendarai motor sebagaimana mestinya,” sambungnya.

Quartararo menduga permasalahan ini terjadi akibat salah memilih ban. Pasalnya saat itu peraih gelar juara musim 2021 ini memilih ban bertipe medium, berbeda dengan Bagnaiayang menggunakan ban tipe keras.

“Saya memilih medium, karena kita belum mencoba ban keras, dan itu merupakan kesalahan. Dengan kondisi lintasan seperti sore hari ini, ban keras merupakan pilihan terbaik. Hasil ini sungguh sangat disayangkan dan menjadi mimpi buruk bagi saya, khususnya saat beberapa pembalap berada di depan saya,” kata Quartararo.

“Ban belakang sangat panas dan cepat terdegradasi, tanpa bisa mengetahui alasannya,” tambah pembalap berusia 23 tahun ini.

Meskipun mengalami kegagalan, Quartararo masih menempati puncak klasemen sementara dengan perolehan total 180 poin. Sementara Bagnaia berhasil naik ke posisi ketiga dengan total perolehan 131 poin. Ada pun posisi kedua masih dipegang oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, dengan total koleksi 158 poin.

Penulis: Bintang Rahmat