Aksi 'Gigitan Maut' Luis SuarezKaleidoskop Liga Inggris 2013

BolaSkorBolaSkor - Selasa, 31 Desember 2013
Aksi 'Gigitan Maut' Luis Suarez<!--idunk-->Kaleidoskop Liga Inggris 2013
Aksi 'Gigitan Maut' Luis SuarezKaleidoskop Liga Inggris 2013

Jakarta - Liga Inggris musim 2012/2013 juga menyisakan catatan kelam aksi tak sportif bomber Liverpool, Luis Suarez. Selain kerap melakukan aksi diving, pemain berkebangsaan Uruguay itu juga menggigit lengan bek Chelsea, Branslav Ivanovic.

Setelah semusim sebelumnya mendapatkan hukuman larangan bertanding delapan laga akibat melontarkan kata-kata bernada rasialisme terhadap bek MU, Patrice Evra, musim 2012/2013 Suarez seringkali menjadi tajuk utama pemberitaan media Inggris akibat berbagai tindakan tak sportifnya.

Dalam beberapa kesempatan, Suarez beberapa kali tertangkap kamera melakukan aksi diving, atau berpura-pura terjatuh. Aksi teatrikal pemain berkebangsaan Uruguay itu kerap berbuah hadiah penalti atau tendangan bebas di titik berbahaya yang menguntungkan timnya, Liverpool.

Aksi diving Suarez yang paling kontroversial terjadi pada 7 Oktober 2012 pada pertandingan melawan Stoke City. Di menit kritis laga, Suarez tiba-tiba terjatuh dan mengerang kesakitan di kotak penalti Stoke. Padahal dalam tayang ulang, tekel bek Marc Wilson sama sekali tak mengenainya.

Beruntung, wasit cukup jeli melihat bahwa erangan Suarez hanya pura-pura belaka dan tak memberikan hadiah penalti bagi Liverpool. Usai pertandingan, Suarez secara jantan mengakui bahwa dia memang berpura-pura terjatuh.

“Sepakbola kadang seperti itu. Terkadang Anda melakukan berbagai hal yang lantas Anda sesali, ‘mengapa saya melakukannya?’ Saya mengaku bahwa saya terjatuh di dalam kotak penalti, dan benar bahwa saya melakukannya, karena kami sedang imbang melawan Stoke di kandang dan kami butuh segala upaya untuk menang," ungkap Suarez dilansir Tribal.

Hal itu langsung berbuntut kecaman keras pelatih Stoke, Tony Pulis. Dia pun meminta Federasi Sepak bola Inggris (FA) bereaksi dengan memberikan hukuman larangan bertanding tiga laga bagi mantan penggawa Ajax Amsterdam itu.

"Anda melihat Suarez kerap terjatuh di kotak (penalti) pada babak kedua, yang merupakan hal yang benar-benar mengecewakan. FA semestinya memperhatikan hal ini. Berikan ia (larangan bermain untuk) tiga pertandingan, dan ia akan berhenti terjatuh," geram Pulis.

Polah kontroversial Suarez tak hanya sampai di situ. Pada pertandingan antara Liverpool melawan Chelsea di Anfield 21 April 2013, pemain berusia 26 tahun itu menggigit lengan bek The Blues, Branislav Ivanovic, pada menit ke-66.

FA sebelumnya menjatuhkan hukuman larangan bertanding tiga laga bagi Suarez terkait tindakan 'menggelikannya' itu. Namun setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, Badan Tertinggi Sepak Bola Inggris itu menambah hukuman Suarez menjadi larangan bertanding sepuluh laga.

"Ketika hal itu terjadi, saya amat terkejut dan tentu saja syok. Tapi saya bisa menenangkan diri ketika pertandingan berakhir. Saya sendiri sudah hampir melupakan kejadian tu. Keesokan harinya, kami berbicara lewat telepon dan saya menerima permintaan maafnya," ungkap Ivanovic dilansir situs resmi klub

"Saya takkan menyerangnya atas apa yang telah dia lakukan, tapi juga tak membela tindakannya itu. Saya memaafkannya. Bagi saya hal seperti itu bisa saja terjadi. Tapi, saya tak terlalu memperdulikannya," dia menyambung.

Ternyata, ini bukan kali pertama Suarez melakukan tindakan di luar kebiasaan. Saat masih memperkuat Ajax Amsterdam, Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) memberikannya hukuman larangan bertanding tujuh laga akibat menggigit leher gelandang PSV Eindhoven, Otman Bakkal, November 2010 silam.

Chelsea Yahoo Google Bing Liverpool Luis Suarez Facebook Liga Inggris Suarez gigit lengan ivanovic Branislav ivanovic
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan