BolaSkor.com - Polemik Liga Super Eropa yang sempat dipelopori enam klub besar Inggris membuat Premier League berbenah. Operator kompetisi kasta tertinggi Negeri Ratu Elizabeth itu menyiapkan aturan baru untuk mencegah hal tersebut terulang.

Liga Super Eropa merupakan kompetisi tandingan Liga Champions yang didirikan oleh 12 klub besar Eropa. Enam di antaranya berasal dari Inggris yaitu Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Keputusan klub-klub tersebut bergabung ke Liga Super Eropa menuai kecaman banyak pihak. Para suporter juga menolak langkah serupa yang berujung aksi demonstrasi.

Baca Juga:

Titik Terang dari Laga Tunda Manchester United Vs Liverpool

Unggul Leg Pertama, Guardiola Anggap Peluang Manchester City Masih Misteri

Buntut Panjang Kerusuhan di Old Trafford

Liga Super Eropa

Respons negatif tersebut membuat enam klub Premier League mengundurkan diri dari Liga Super Eropa. Keputusan tersebut membuat situasi kembali kondusif.

Namun Premier League khawatir masalah serupa akan terjadi kembali di masa depan. Sebagai langkah antisipasi, mereka bersama Federasi sepak bola Inggris ingin membuat para pemilik klub besar tidak bisa bertindak sewenang-wenang.

"Peristiwa dua minggu terakhir telah menantang fondasi dan tekad sepak bola Inggris. Premier League telah menyiapkan serangkaian langkah untuk mengabadikan prinsip inti dari Liga Inggris yang profesional, yakni piramida terbuka, sportivitas, dan integritas dalam olahraga. Langkah-langkah ini dirancang untuk menghentikan ancaman liga yang memisahkan diri di masa depan," bunyi pernyataan resmi Premier League.

"Penolakan terhadap Liga Super Eropa mempersatukan seluruh sepak bola, suara fans kami tampung seluas-luasnya. Premier League akhirnya sadar kekuatan fans, dan oleh karena itu, kami beserta FA dan Pemerintah akan mencari solusi."

"Tindakan (enam klub) menimbulkan perpecahan dan kericuhan. Maka dari itu, kami akan meminta pertanggungjawaban mereka sambil menegaskan bahwa Premier League, FA, dan Pemerintah serta fans akan diikutsertakan dalam dialog untuk menemukan solusi," sambung pernyataan tersebut.

Peringatkan Investor Asing

Premier League telah menyiapkan empat poin penting yang harus dipatuhi seluruh klub peserta. Mereka seperti ingin memberi peringatan kepada investor asing yang kini memiliki klub-klub besar.

Keputusan enam wakil Premier League bergabung ke Liga Super Eropa memang sangat dipengaruhi para pemilik klub. Uang menjadi motivasi utama di balik keputusan tersebut.

Ironisnya, para manajer dan pemain tidak diajak berdiskusi sebelum mengambil keputusan tersebut. Tak heran jika pada akhirnya banyak tokoh sepak bola termasuk pemain yang menolak liga ilegal tersebut.

Empat poin regulasi terbaru Premier League:

1. Aturan dan regulasi tambahan untuk memastikan prinsip-prinsip Premier League dan kompetisi lainnya terlindungi.

2. Seluruh pemilik klub wajib menandatangani piagam kesepakatan untuk menghormati prinsip-prinsip dasar sepak bola Inggris.

3. Pelanggaran aturan dan piagam akan dikenakan sanksi yang signifikan.

4. Kami meminta dukungan dari Pemerintah untuk membuat undang-undang yang sesuai untuk melindungi piramida terbuka sepak bola, prinsip prestasi olahraga, dan integritas komunitas sepak bola