Alasan Atletico Tak Lakukan Guard of Honour kepada Real Madrid

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 08 Mei 2022
Alasan Atletico Tak Lakukan Guard of Honour kepada Real Madrid
Atletico Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid telah resmi dinobatkan sebagai juara LaLiga musim 2021-2022. Tetapi musim belum sepenuhnya berakhir. Bahkan di pekan 35 LaLiga ada El Derbi Madrileno antara Atletico Madrid kontra Real Madrid.

Laga akan dihelat di Wanda Metropolitano, Senin (09/05) pukul 02.00 dini hari WIB. Real Madrid datang ke sana dengan status juara baru LaLiga dan sewajarnya akan ada guard of honour, atau sambutan kepada mereka dari tim lawan.

Guard of honour yang juga dipraktikkan di liga lain, semisal Inggris, merupakan bentuk penghormatan kepada juara baru dengan membentuk garis dan bertepuk tangan kala mereka masuk ke lapangan pertandingan.

Itu merupakan bentuk respek. Namun Atletico telah menegaskan tidak akan melakukannya sebagai bentuk hormat kepada fans mereka. Malah menurut Atletico melakukannya bak penghinaan.

Baca Juga:

Tak Ikut Selebrasi Titel LaLiga Real Madrid, ke Mana Gareth Bale?

Pressing Fundamental dalam Sepak Bola Modern

Real Madrid Masih Percaya Diri Dapatkan Kylian Mbappe

"Beberapa orang ingin mengubah apa yang dimulai sebagai tanda pengakuan bagi sang juara menjadi korban publik yang harus dibayar rival mereka, yang dipenuhi dengan aroma penghinaan," bunyi pernyataan resmi dari Atletico.

"Atletico Madrid dalam situasi apapun tidak akan berkolaborasi dalam upaya ejekan ini di mana nilai-nilai olahraga yang sebenarnya benar-benar dilupakan dan ketegangan serta konfrontasi antara penggemar dihasut."

Atas pernyataan itu Atletico dicibir publik. Atletico pun punya cara membalasnya dengan perlakuan Celta Vigo yang tidak melakukan guard of honour musim lalu.

"Atleti adalah juara liga terakhir. Apakah ada yang ingat kontroversi tentang apakah kami harus menerima guard of honour dari lawan pertama kami setelah memenangkan gelar? Tidak, karena tidak ada perdebatan," tambah pernyataan klub.

“Pada pertandingan pertama musim ini, Celta Vigo memutuskan untuk tidak memberikan guard of honour dan itu adalah keputusan yang tepat, karena itu adalah gestur yang harus dilakukan untuk mendapat tepuk tangan dari penonton tuan rumah."

"Kami menerima guard of honour di game pertama kami bermain di kandang, dari Elche. Tentu saja, dengan penuh syukur dan, tentu saja, tanpa tuntutan apapun."

Dua pemain penting dalam skuad Atletico, Jose Maria Gimenez dan Jan Oblak, bahkan mendukung pernyataan klub dan tidak melakukan guard of honour.

"Guard of honour kepada Real Madrid? Kami mengucapkan selamat kepada mereka, tapi kami sangat respek kepada fans kami," tambah Gimenez.

"Sebagai kapten, saya salah satu yang tidak suka memberikan atau menerima guard of honour. Klub akan memutuskan dan kami akan melakukan apapun itu yang dibutuhkan," timpal Oblak.

Real Madrid Atletico Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan