Alasan Brasil Dipilih Jadi Tuan Rumah Pengganti Copa America 2021

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 01 Juni 2021
Alasan Brasil Dipilih Jadi Tuan Rumah Pengganti Copa America 2021
Copa America 2021. (CONMEBOL)

BolaSkor.com - Copa America 2021 akhirnya akan berlangsung di Brasil. CONMEBOL menunjuk tuan rumah pengganti secara mendadak menggantikan Argentina hanya dua pekan sebelum turnamen berlangsung.

Turnamen rutin empat tahunan antara negara-negara Amerika Selatan harusnya berlangsung di Argentina dan Kolombia pada 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Namun masalah politik dan pandemi virus corona yang masih berlangsung merusak rencana tersebut.

Kolombia kehilangan haknya sebagai tuan rumah kurang dari dua pekan lalu. Suhu politik yang memanas dan aksi unjuk rasa besa-besaran di berbagai calon kota penyelenggara menjadi penyebabnya.

Baca Juga:

Seputar Informasi Mengenai Copa America 2021

Profil Grup B Copa America 2021: Brasil Favorit

Profil Grup A Copa America 2021: Persaingan Sengit

Brasil menjadi juara Copa America 2019 saat bertindak sebagai tuan rumah.

Argentina pun siap mengambil alih peran Kolombia dan menjadi tuan rumah tunggal. Tanggung jawab itu tidak akan sulit diemban karena mereka memiliki banyak stadion berstandar internasional.

Namun melonjaknya kasus positif virus corona di Argentina kembali merusak rencana yang sudah disusun. Menempati peringkat kelima dunia dalam rataan kasus tertinggi, Negeri Tango tak aman untuk menggelar ajang sebesar Copa America.

Dalam situasi sulit ini, CONMEBOL akhirnya juga mencabut hak Argentina sebagai tuan rumah. Konfederasi sepak bola Amerika Selatan itu akhirnya memindahkan turnamen ke Brasil setelah sempat muncul rumor akan dibatalkan.

Alasan Brasil Terpilih

CONMEBOL tentu punya pertimbangan matang memilih Brasil sebagai tuan rumah pengganti. Ternyata keputusan ini juga ada andil pemerintah negara tersebut yang berperan aktif menjaga kelangsungan Copa America 2021.

"Pemerintah Brasil menunjukkan kelincahan dan kapasitas pengambilan keputusan pada momen fundamental untuk sepak bola Amerika Selatan," kata presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez.

"Brasil sedang mengalami momen stabilitas, memiliki infrastruktur dan banyak pengalaman. Baru-baru ini mereka juga menyelenggarakan kompetisi sebesar ini."

Brasil sebenarnya juga belum bisa mengendalikan penyebaran virus corona dengan baik. Namun situasinya sedikit lebih baik ketimbang para negara tetangga.

Selain itu, Brasil juga sudah berpengalaman menggelar Copa America. Edisi terakhir pada 2019 juga berlangsung di sini.

Copa America 2021 Copa America Conmebol Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan