BolaSkor.com - Asian Games 2018 telah resmi dibuka pada 18 Agustus 2018. Sementara itu, sejumlah cabang olahraga sudah mulai bertanding sejak beberapa hari sebelum Asian Games 2018 dibuka. Satu di antara pertanyaan yang muncul adalah "mengapa futsal tidak dipertandingkan di Asian Games 2018?"

Memang pertanyaan tersebut masuk akal. Secara nasional atau pun dunia, olahraga futsal sudah menjamur. Bahkan di Indonesia ada kompetisi resmi yang diadakan setiap tahunnya oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI). Bila melihat dalam lingkup yang lebih jauh, futsal telah memiliki kejuaraan dunia layaknya sepak bola.

Sejauh ini, futsal hanya dipertandingkan di Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) yang dihelat pada 2017. Sementara itu, rekam jejak cabor futsal di Asian Games nihil.

Harapan futsal muncul di Asian Games 2018 akan lebih besar jika olahraga yang sering disebut sepak bola mini tersebut dipertandingkan di Olimpiade. Sayangnya, hingga saat ini, futsal belum pernah dipertandingkan di Olimpiade.

Walhasil, para pecinta futsal Indonesia masih harus menunggu melihat aksi Bambang Bayu Saptaji atau Ardiansyah Runtuboy menimang bola di ajang tertinggi di Asia tersebut.

Untuk memasukkan sebuah olahraga ke dalam Olimpiade memang cukup rumit. Olahraga tersebut setidaknya harus memenuhi lima syarat yaitu komersialisasi, exellence, respect, pembinaan dan fairplay.

Bahkan, pada SEA Games 2019 futsal terancam tidak dipertandingkan setelah tuan rumah, Filipina, tidak memasukkannya ke dalam daftar cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Setidaknya, harus ada empat negara yang mengajukan futsal sebagai cabor agar bisa masuk proses verifikasi dan penentuan.

Kini, bisa dibilang futsal tertinggal satu langkah dari olahraga baru macam E-Sport dalam kancah kompetisi dunia.