Alasan Gol Kontroversial Smith Rowe Disahkan Wasit

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 03 Desember 2021
Alasan Gol Kontroversial Smith Rowe Disahkan Wasit
Emile Smith Rowe mencetak gol kontroversial ke gawang Manchester United. (Twitter)

BolaSkor.com - Laga Manchester United kontra Arsenal dalam lanjutan Premier League 2021-2022 diwarnai gol kontroversial Emile Smith Rowe. Keputusan Wasit mengesahkannya pun mengundang pertanyaan.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12) dini hari WIB, Arsenal harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-3. Padahal The Gunners mampu unggul lebih dulu melalui sepakan Smith Rowe pada menit ke-13.

Menariknya, gol ini tercipta dengan cara tak biasa. Smith Rowe melepaskan tembakan dari luar kotak penalti saat David De Gea terkapar di bawah mistar.

Momen ini berawal dari sepak pojok milik Arsenal. De Gea tanpa sengaja berbenturan dengan Fred di depan kotak penalti saat bola bergulir di udara.

Baca Juga:

Sederet Fakta Menarik yang Warnai Kemenangan Manchester United atas Arsenal

Usai Kalahkan Arsenal, Carrick Pamit Tinggalkan Manchester United

Manchester United 3-2 Arsenal: Setan Merah Akhiri Tren Buruk

Proses gol Emile Smith Rowe

Barisan pertahanan Manchester United mampu memenangi duel udara dan menjauhkan bola dari kotak penalti mereka. Smith Rowe kemudian mendapat bola liar dan tanpa ampun melepaskan tembakan first time.

Martin Atkinson selaku wasit yang bertugas tak langsung mengesahkan gol Smith Rowe. Ia butuh tiga menit untuk meminta VAR memeriksanya.

Pada akhirnya, Atkinson menunjuk titik kick off tanda gol tersebut sah. Para pemain Manchester United pun dengan cepat memprotes keputusan ini meski tak berarti.

Mantan wasit elite Premier League, Mark Clattenburg turut menyaksikan momen tersebut. Ia menilai keputusan yang diambil Atkinson sudah tepat.

"Martin Atkinson harus memberikan gol di sini karena yang Anda lihat adalah Fred secara tidak sengaja menginjak kaki De Gea. Jadi itu bukan pelanggaran oleh pemain Arsenal," kata Clattenburg kepada Amazon Prime Video Sport.

"(Atkinson) tidak meniup peluitnya, dan karena itu dia harus memberikan gol."

Atkinson memang tidak menghentikan permainan saat De Gea terkapar. Pandangannya fokus ke bola sehingga tidak melihatnya.

Hal ini yang membuat Atkinson tak meniup peluit saat Smith Rowe melakukan tembakan. Wonderkid Arsenal itu tampaknya juga tidak menyadari De Gea terkapar sehingga agak ragu untuk melakukan selebrasi.

"Saya belum pernah melihat sesuatu yang luar biasa seperti ini. Namun Martin Atkinson tidak berdaya," tambahnya.

“Jika dia meniup peluit sebelum bola masuk ke gawang, itu akan menjadi lebih kontroversial, karena Arsenal akan menjadi korban gol yang dianulir."

Arsenal Emile Smith Rowe Manchester United Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan