Alasan Inggris dan Belgia Menghindar Jadi Juara Grup G

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 26 Juni 2018
Alasan Inggris dan Belgia Menghindar Jadi Juara Grup G
Roberto Martinez dan Gareth Southgahte (Zimbio)

BolaSkor.com - Laga terakhir Grup G antara Inggris melawan Belgia di Kaliningrad akan menentukan siapa yang akan lolos sebagai juara grup. Akankah mereka bertarung mati-matian untuk bisa menjadi pemuncak grup?

Rasanya sulit memastikan Inggris dan Belgia akan bersungguh-sungguh berduel demi posisi pertama grup. Ada kemungkinan kedua tim tampil tak mencari kemenangan sembari berburu kartu kuning, ini mengingat aturan fair play yang menjadi faktor penentuan peringkat.

Kabar terakhir, kubu Belgia justru disebut akan mengistirahatkan sepuluh pemain inti mereka. Roberto Martinez mengatakan ada kemungkinan pihaknya melakukan itu.

Saat ini Martinez memiliki tiga pemain yang jika kartu kuning harus menjalani suspensi di 16 besar. Selain itu, Martinez mengungkap dia tak ingin memaksa Eden Hazard dan Romelu Lukaku tampil untuk menjaga kondisi karena keduanya mengalami cedera ringan.

"Saya pikir setiap pemain leyak bermain di Piala Dunia. Yang lebih penting bagi saya adalah memberikan kesempatan itu dan melihat bagaimana reaksi mereka," kata Martinez seperti dikutip BBC Sport.

Saat ini, Inggris ada di posisi pertama Grup G meski memiliki pon dan selisih gol yang sama persis dengan Belgia di urutan kedua. Sebenarnya, mana yang lebih menguntungkan, lolos sebagai juara atau runner-up grup?

Pelatih kedua kubu, Martinez dan Gareth Southgate berusaha meredam pembicaraan mengenai hal ini. Awal buruk yang dialami Jerman berarti pimpinan Grup G berpotensi bertemu sang juara bertahan Jerman atau Brasil lebih cepat.

Inggris dan Belgia memang harus hati-hati dalam berstrategi menentukan langkah mereka. Salah strategi bisa berarti pulang kampung lebih cepat. Dari semua kriteria penentuan peringkat, kedua tim memiliki kesamaan. Mereka mencatat poin, selisih gol, gol memasukan, dan gol kemasukan yang identik. Inggris ada di posisi pertama grup karena memiliki catatan disiplin lebih baik. Inggris mengoleksi dua kartu kuning sedangkan Belgia tiga. Jika nantinya semuanya sama, maka penentuan peringkat akan ditentukan oleh pengundian yang dilakukan FIFA.

Piala Dunia 2018 Grup g Inggris Belgia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan