Alasan Kekalahan Manchester United di Markas Brighton: Banyak Buang Peluang

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 05 Mei 2023
Alasan Kekalahan Manchester United di Markas Brighton: Banyak Buang Peluang
Manchester United kalah dari Brighton (Laman Resmi Manchester United)

BolaSkor.com - Inkonsistensi performa terjadi kepada Manchester United jelang akhir musim 2022-2023. Usai menang 1-0 atas Aston Villa, Red Devils menelan kekalahan di laga tunda Premier League melawan Brighton & Hove Albion di Falmer Stadium, Jumat (05/05) dini hari WIB.

Man United kalah 0-1 melalui gol tunggal yang dicetak Alexis Mac Allister yang tercipta di penghujung laga (90+9'). Brighton memastikan mengalahkan Man United tiga kali beruntun di ajang Premier League.

Kekalahan itu memanaskan kembali persaingan merebutkan zona Liga Champions. Man United masih ada di peringkat empat dengan 63 poin dari 33 laga, namun posisi mereka belum aman karena masih dapat digeser tim-tim di bawah: Liverpool (59 poin dari 34 laga) dan Brighton (55 poin dari 32 laga).

Performa hebat Brighton, khususnya sejak dilatih Roberto De Zerbi, bukan rahasia umum lagi. Itu terbukti dengan 60 persen penguasaan bola serta percobaan 22 tendangan (6 tepat sasaran), tetapi Man United bukannya tanpa peluang.

Baca juga:

Hasil Pertandingan: Manchester United Tumbang, Napoli Juara Serie A 2022-2023

Jika Terpilih, Sir Jim Ratcliffe Ingin Kendalikan Transfer Manchester United

Manchester United Terpincut Tammy Abraham, Roma Pasang Banderol Terjangkau

Man United menciptakan 16 tendangan dan 5 di antaranya tepat sasaran dari 40 persen penguasaan bola. Kendati demikian tidak ada penyelesaian akhir yang baik dan peluang-peluang itu urung berbuah gol. Itu juga yang jadi alasan kekalahan Man United.

Pada babak pertama setidaknya ada peluang yang diciptakan oleh Antony, Marcus Rashford, dan Bruno Fernandes sebelum tempo bermain menurun di babak kedua.

"Seperti yang saya katakan, mereka (Brighton) adalah tim yang brilian," ucap Luke Shaw kepada MUTV.

"Mereka ada di mana mereka berada karena mereka pantas berada di sana. Tapi, saya pikir jika kami melihat peluang besar yang kami ciptakan di babak pertama, menurut saya permainan seharusnya jauh lebih nyaman dan jika kami mencetak gol, maka itu akan membuat hidup lebih mudah."

"Saya pikir, seperti yang saya katakan, ini bukan hanya hari ini. Sudah ada di banyak pertandingan kami musim ini. Tapi ya, jelas tidak ada alasan. Sayalah yang jelas membuat kesalahan pada akhirnya. Jadi, saya menerimanya dan tentu saja saya tahu saya kecewa."

Hal yang sama juga disampaikan oleh Erik ten Hag mengenai performa Man United di markas Brighton. Ten Hag pun menegaskan pentingnya untuk menjaga fokus.

“Saya pikir di menit pertama kami menciptakan peluang besar, tetapi kami tidak mencetak gol. Jadi kami harus lebih klinis pada peluang kami yang kami hasilkan di babak pertama dan kemudian dalam serangan, kami kebobolan kemudian dan kami memberikan peluang besar," imbuh Ten Hag.

"Kami memiliki peluang nyata dengan Antony dos Santos, Anthony Martial, Marcus Rashford, Casemiro. Mereka semua menciptakan peluang dan seseorang harus mencetak gol. Saya tidak khawatir."

"Ini tentang menjaga fokus dan kami tidak boleh kehilangan fokus di detik-detik terakhir dan akhir pertandingan. Kemudian kami mengambil poin itu dan, pada akhirnya, jika Anda tidak bisa memenangkannya karena Anda tidak menyelesaikan peluang Anda, maka jangan kalah."

Pada laga berikutnya Man United akan memainkan pertandingan Premier League di London Stadium, markas West Ham United, pada Senin (08/05) pukul 01.00 dini hari WIB.

Manchester United Premier League Brighton
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.110

Bagikan