BolaSkor.com - Kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo, akhirnya menyelesaikan kursus kepelatihannya lisensi C AFC di Jakarta, di tengah vakumnya Liga 1 2020.

Pemain asal Pati ini mengakui sangat bangga dan banyak pengalaman didapatkan dari kursus yang digelar mulai 6 November hingga 18 November 2020.

"Alhamdulillah ini menjadi pengalaman luar biasa buat saya secara pribadi. Soalnya status saya sebagai pemain aktif. Dapat ilmu baru di sepak bola. Mungkin biasanya cuma praktek di lapangan, kalau ini ada teori, ada materinya. Setelah belajar kita praktekan. Itu sangat bagus buat kita sebagai pemain aktif," kata Joko Ribowo.

Joko menambahkan, meski saat ini klubnya PSIS meliburkan kegiatan latihan, namun dirinya tetap meminta izin kepada manajemen terkait ikut kursus tersebut.

Baca Juga:

Pemegang Saham PSIS Semarang Jual Aset Pribadi demi Bayar Gaji Pemain

Bek Muda PSIS Semarang Kembali Akrab dengan Bebek

"Saya tetap memberi tahu kepada manajemen karena saya masih terikat kontrak di PSIS," tambahnya.

Joko berangan-angan jika tahun depan tidak ada kendala dan ada rezeki, akan meneruskan kursus kepelatihan kiper A AFC. Apalagi ketika kursus kemarin, dia mendapat rekomendasi dari instruktur.

"Waktu kursus kemarin, kebetulan direkomendasikan oleh instruktur. Perkiraan mungin pertengahan tahun. Kalau sudah dapat level satu AFC mungkin bisa melatih tim Liga 1 atau Liga 2," pungkasnya. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)