BolaSkor.com - Harry Maguire jadi sorotan saat Manchester United gagal mengalahkan AC Milan pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2020-2021. Kapten Setan Merah itu gagal memanfaatkan peluang emas yang didapatnya.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (12/3) dini hari WIB, Manchester United mampu ditahan imbang Milan dengan skor 1-1. Hasil ini tentu mengancam peluang raksasa Inggris tersebut untuk melaju ke fase selanjutnya.

Manchester United tampil kurang maksimal dalam pertandingan ini. Mereka baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-50 lewat sundulan Amad Diallo.

Baca Juga:

Manchester United 1-1 AC Milan: Gol Pengujung Laga Gagalkan Kemenangan Setan Merah

13 Fakta Menarik Leg Pertama 16 Besar Liga Europa

Solskjaer Kesal Henderson Tak Bisa Tepis Sundulan Kjaer

Peluang emas Harry Maguire

Padahal Manchester United harusnya bisa mencetak gol lebih cepat tepatnya saat mendapat peluang emas pada menit ke-37. Namun Maguire gagal memanfaatkan momen tersebut meski tinggal mendorong bola ke gawang yang kosong.

Berawal dari situasi sepak pojok, Maguire mendapat bola liar dari sundulan Bruno Fernandes di tiang jauh. Ia berdiri tanpa pengawalan dan Gianluigi Donnarumma sudah salah posisi.

Namun sontekan Maguire justru mengenai tiang dan gagal masuk ke dalam gawang. Sebuah kesalahan yang sulit dipercaya.

Manchester United harus membayar kegagalan tersebut dengan sangat mahal. Milan mampu menyamakan kedudukan di masa injury time melalui sundulan Simon Kjaer.

Maguire sadar kesalahan itu tak seharusnya dilakukan. Namun ia punya jawaban yang cukup konyol terkait kegagalannya memanfaatkan peluang emas.

“Saya seharusnya mencetak gol tapi saya tidak membuat alasan untuk itu. Saya seharusnya memasukkan bola ke dalam jaring," kata Maguire kepada BT Sport.

"Itu sebabnya saya adalah seorang bek dan bukan penyerang! Namun tidak ada alasan saya harus mencetak gol."

Alasan konyol tersebut tentu tidak dapat diterima. Maguire menyadari hal itu.

Menolak menyerah

Meski membuat kesalahan fatal, mental Maguire tampak tak terganggu. Ia masih yakin dapat membawa Manchester United lolos ke fase selanjutnya.

Manchester United wajib meraih kemenangan atau imbang dengan mencetak minimal dua gol untuk lolos. Maguire menilai hal itu tidak mustahil dilakukan.

"Ini akan menjadi pertandingan yang menarik pekan depan dan yang penting bagi kami. Kami harus pergi ke sana dan bermain jauh lebih baik daripada yang kami lakukan dalam laga ini sehingga kami bisa lolos," pungkasnya.