Alasan KP Loloskan Menpora Zainudin Amali sebagai Calon Sementara Waketum PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 31 Januari 2023
Alasan KP Loloskan Menpora Zainudin Amali sebagai Calon Sementara Waketum PSSI
Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali lolos ke tahap berikutnya dalam pemilihan Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Menpora Zainudin Amali telah melalui penyaringan awal dari Komite Pemilihan (KP) PSSI. Saat ini statusnya naik dari bakal calon menjadi calon sementara Wakil Ketua Umum PSSI.

Lolosnya Menpora Zainudin Amali menjadi tanda tanya besar. Sebab, salah satu syarat menjadi pengurus PSSI adalah pernah aktif di sepak bola Indonesia selama lima tahun.

Syarat ini tadinya disinyalir akan mengganjal pencalonan Menpora Zainudin Amali. Namun, terkait hal ini, Ketua KP PSSI, Amir Burhanuddin, punya jawabannya.

Amir mengatakan KP menerima dokumen yang menyatakan kalau Menpora Zainudin Amali pernah menjadi pengurus di Askab Boalemo dan Asprov Gorontalo. Adanya surat konfirmasi itu jadi alasan KP meloloskan menteri asal Partai Golkar ke daftar calon sementara Waketum PSSI.

Baca Juga:

Termasuk Erick Thohir dan La Nyalla, KP Loloskan 5 Bakal Calon Ketum PSSI sebagai DCS

Menpora Jamin Pemerintah Tak Intervensi soal Lanjutan Liga 2

Daftar Lengkap Calon Sementara Exco PSSI Periode 2023-2027

"Ya, ada dokumennya. Itu yang kemarin sempat menjadi perdebatan internal di KP. Ada konfirmasi dari surat yang kami terima yang dilampirkan dari Asprov Gorontalo dan Askab Boalemo," kata Amir Burhanuddin kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (31/1).

Selain Menpora Zainudin Amali, KP PSSI meloloskan 15 nama lainnya sebagai calon sementara Waketum PSSI. Di antara ke-15 nama itu terdapat mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha dan sejumlah Exco petahana PSSI seperti Ahmad Riyadh, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni A Rachman, dan Yunus Nusi.

Setelah pengumuman DCS ini, tahapan berikutnya adalah pengajuan banding para calon yang tidak lolos penyaringan KP ke Komite Banding Pemilihan (KBP). Proses ini berlangsung pada 1-3 Februari.

Kemudian pada 4 dan 5 Februari, KBP melakukan pemeriksaan dokumen banding yang diajukan sebelum diumumkan Daftar Calon Tetap atau DCT pada 6 Februari. Nantinya calon yang tertera di DCT akan bertarung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Exco PSSI periode 2023-2027 pada 16 Februari.

Pssi KLB PSSI Menpora Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

3.675

Bagikan