BolaSkor.com - Salah satu kritik yang seringkali ditujukan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) adalah soal jadwal Liga 1 dan Liga 2 yang tidak pernah ada kepastian tiap musimnya.

Hal ini berbeda dengan beberapa kompetisi di dunia, misalnya Liga Inggris di mana jadwal pertandingan musim depan sudah dirilis hanya beberapa saat setelah kompetisi sebelumnya berakhir.

PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akhirnya buka suara terhadap permasalahan tersebut.

"Saya kan lihatnya begini. Aturan main kita kompetisi liga ini diputuskan melalui kongres. Kan seperti itu, setiap tahun," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

"Tapi kami, kan sudah memberikan masukan dulu ke federasi (PSSI) untuk bisa diputuskan di kongres. Ketika kongres memutuskan kick off tanggal sekian, kami juga sudah punya rencana-rencana kalau kick off tanggal sekian itu seperti apa," terangnya.

Baca Juga:

PSSI : Liga 1 2022/2023 Mulai 27 Juli

PT LIB Rencanakan Liga 1 Musim Depan Dihadiri 100 Persen Penonton

Sudjarno membantah kalau PT LIB itu menyusun jadwal Liga 1 dan Liga 2 secara mendadak. Dia menyebut kalau PT LIB sudah menyiapkan sejumlah opsi jadwal sebelum diserahkan PSSI melalui Kongres Tahunan.

"Tidak juga begitu kongres memutuskan kick off tanggal sekian, baru kami buat. Kami sudah antisipasi, kalau tanggal sekian seperti ini, kalau tanggal sekian seperti itu," tutur Sudjarno

"Jadi sebetulnya itu sudah kami buat, tapi enggak mungkin kami munculkan dengan alternatif-alternatif, untuk keputusan fix-nya ya pada saat kongres, diputuskan tanggal berapa, kami susun jadwal," jelasnya.

Untuk Liga 1 musim depan, PT LIB dan PSSI sudah menjadwalkan akan kick off mulai 27 Juli mendatang, sedangkan Liga 2 biasanya dimulai dua minggu setelahnya. Dalam penyusunan jadwal musim depan PT LIB juga sudah melakukan beberapa penyesuaian, termasuk agenda tim nasional dan adanya perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar pada November-Desember mendatang.

"Sebelum pak Ketum (PSSI) bicara tanggal 27 (Juli) kick off, kami sudah bikin juga, nih. Bahkan kami begitu selesai Liga 1 kemarin, kami sudah punya planning, kami coba isi jadwal," terangnya.

"Agenda FIFA seperti apa, terus semuanya itu segala macam. Kami sudah perkirakan bulan Juli kick off tanggal sekian tanggal sekian dan selesai Maret (2023)," pungkas Sudjarno.