BolaSkor.com - Setiap kali lomba MotoGP berlangsung di Sirkuit Misano, San Marino, satu nama pembalap dipastikan selalu jadi sorotan.

Adalah Valentino Rossi. Hal sama akan kembali terjadi saat MotoGP San Marino berstatus lomba putaran 13 musim ini, 15 September nanti.

Lantas apa alasan lomba di Misano sangat spesial untuk seorang Rossi? Jawabannya sederhana. Lokasi sirkuit yang didekat Riccione bisa ditempuh dalam jarak hanya 14 km dari kediaman Rossi, Tavullia.

Baca Juga:

Berlomba di Italia, Lando Norris Gunakan Helm Spesial Bertema Valentino Rossi

Yamaha Akui Biang Keladi Kegagalan Valentino Rossi Musim Ini

Tidak heran, di Misano, jumlah penonton yang mendukung Rossi bahkan lebih banyak ketimbang lomba MotoGP lainnya di Italia yang berlangsung di Mugello.

Hanya saja sayangnya, fakta di atas tidak diikuti prestasi Rossi saat mengaspal di Misano. Tercatat kali terakhir ia menang adalah tahun 2014. Pada edisi musim lalu, ia bahkan finis ketujuh.

Momen Valentino Rossi di Podium MotoGP San Marino 2014
Momen Valentino Rossi di Podium MotoGP San Marino 2014 (Zimbio)

Namun menuju MotoGP San Marino 2019, ada optimisme tinggi yang diusung Rossi maupun Yamaha. Karena pada sesi tes di Misano, beberapa waktu lalu, semua pembalap berlambang garpu tala bisa kompetitif.

Tidak heran asa Rossi mengakhiri puasa kemenangan membumbung tinggi. Bayangkan kali terakhir ia naik podium pertama adalah MotoGP Belanda 2017. Semakin spesial jika ia dapat mengakhirinya di Misano, home race dirinya dan begitu dekat dari rumahnya.

"Awalnya saya sedikit pesimitis. Musim lalu, performa saya sangat buruk. Sekarang saya semakin optimistis (menuju lomba Misano) dan saya pikir bisa menjalani lomba yang baik di Misano," kata Rossi usai tes di Misano beberapa waktu lalu.*