Alasan Mengapa Manchester United Butuh Kiper Pesaing David De Gea

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 Mei 2023
Alasan Mengapa Manchester United Butuh Kiper Pesaing David De Gea
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United menutup akhir pekan lalu dengan dua kekalahan beruntun di Premier League. Pasca kalah 0-1 melawan Brighton & Hove Albion, Red Devils kembali kalah dengan skor yang sama saat melawan West Ham United.

Pertandingan melawan The Hammers dihelat di London Stadium, Senin (08/05) dini hari WIB. Man United mendominasi permainan dengan 66 persen penguasaan bola tapi tumpul di lini depan, banyak menyiakan peluang.

West Ham dengan 34 persen penguasaan bola bertahan dengan baik serta punya determinasi lebih untuk memenangi laga. Bahkan mereka lebih berbahaya dari serangan balik dan itu terbukti dengan gol Said Benrahma di menit 27.

Tidak hanya gol itu menyelamatkan West Ham dari degradasi, tetapi juga memperlihatkan blunder yang dilakukan David De Gea. Terlepas dari kesalahan lini pertahanan Man United yang terlalu melebar menjaga Benrahma, sepakannya sedianya tidak kencang.

Baca juga:

Persaingan Zona Liga Champions Makin Ketat, Manchester United Diminta Waspadai Liverpool

Alasan Kekalahan Manchester United di Markas Brighton: Banyak Buang Peluang

David De Gea Kembali Lakukan Kesalahan, Erik Ten Hag Pasang Badan

Bola yang datang seyogyanya dapat ditepis De Gea dan ia gagal melakukannya.

"Tidak, Anda tidak bisa (membenarkan kesalahan De Gea). Itu kesalahan yang buruk, saya pikir dia akan bertanggung jawab penuh," papar pandit sepak bola, Rio Ferdinand di Dailymail.

"Kaki kirinya sedikit terpeleset tapi itu bukan alasan. Dia memiliki kontak penuh pada bola, seluruh tangan pada bola, tidak seperti dia meregangkan dan mendapatkan ujung jari, dia memiliki seluruh tangan. Dia benar-benar melewatkannya dan itu adalah kesalahan besar, besar."

Hal itu semakin memperkuat argumen kebutuhan Man United akan kiper baru, setidaknya penjaga gawang yang dapat bersaing dengan De Gea yang sudah berada di klub sejak 2011. Pasalnya, tanpa pesaing di posisi tersebut pemain berusia 32 tahun berpotensi lengah.

Melakukan kesalahan dan blunder tidak akan jadi masalah besar dalam posisi De Gea, sebab peluang bermainnya di laga berikutnya sebagai starter besar karena tak ada kiper lain yang dapat diandalkan.

Man United punya Jack Butland (pinjaman) dan Tom Heaton, tetapi keduanya tidak lebih dari pelapis yang akan dimainkan jika De Gea absen karena cedera atau akumulasi kartu.

Fakta sudah memperlihatkannya. Dikutip dari ESPN hanya Jordan Pickford (13 errors), kiper Everton, yang melakukan error berbuah gol ketimbang De Gea di lima musim terakhir di Premier League (11 errors).

Premier League Manchester United David De Gea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan