BolaSkor.com - Pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee, memberikan alasan pasca kegagalan skuat asuhannya di SEA Games 2019. Seperti diketahui, Malaysia tersingkir dari SEA Games 2019 sehingga tak berlanjut ke semifinal.

Kepastian itu diperoleh menyusul kekalahan 1-3 dari Kamboja dalam laga pamungkas Grup A SEA Games 2019, Rabu (4/12) sore. Timnas Malaysia kebobolan tiga kali lebih dulu melalui In Sodavid (56'), Sieng Chanthe (57), dan Keo Sokpheng (68), sebelum mendapat gol hiburan melalui Quentin Cheng pada menit ke-89.

Kekalahan membuat Malaysia tetap dengan empat poin dan finis di tempat keempat. Sebelumnya, Malaysia bermain imbang 1-1 dengan Myanmar, kalah 0-1 dari Filipina sebelum menang 4-0 atas Timor Leste.

Baca Juga:

Bersaing Ketat dengan Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam, Pelatih Thailand Tak Garansi Jumlah Gol

Malaysia dan Filipina Tersingkir, Kamboja Temani Myanmar ke Semifinal

Formasi yang diterapkan Ong Kim Swee, 3-4-3 menjadi sorotan, namun tidak dianggap sebagai penyebab. "Ketika kami lolos ke perempat final dan mengalahkan Korea Selatan (Asian Games 2019), tidak ada yang bertanya tentang formasi saya," kata Ong Kim Swee dikutip dari Berita Harian.

"Namun kenapa sekarang dipermasalahkan formasinya sedangkan banyak pemain yang sama. Saya rasa itu hanya isu yang sengaja ingin ditimbulkan."

Ong Kim Swee menjelaskan persiapan singkat punya pengaruh. Beberapa dari mereka bermain secara teratur dan ada yang tidak. Jadi kami hanya punya beberapa hari setelah kualifikasi Piala Dunia untuk membuat mereka bermain bersama. Dalam situasi seperti itu sudah tentu kami membutuhkan banyak waktu."

"Coba beri tahu saya berapa lama Kamboja melakukan persiapan. Myanmar, begitu juga Filipina? Meski kami punya pemain bagus, kami harus membuat mereka bersama dalam waktu yang lama. Kami tidak bisa datang dua atau tiga hari dan kemudian ingin bermain dan tentu saja itu akan menjadi masalah," sambung Ong Kim Swee.