BolaSkor.com - Seluruh anggota AFF, termasuk PSSI mendukung rencana FIFA yang ingin menggelar Piala Dunia dua tahun sekali. PSSI menilai jika Piala Dunia digelar dua tahun sekali maka akan mempercepat antrean negara-negara yang ingin maju sebagai calon tuan rumah turnamen sepak bola paling akbar sejagat itu.

Dukungan anggota AFF terhadap rencana FIFA disampaikan dalam rapat yang berlangsung secara virtual. Rapat itu dipimpin langsung oleh Presiden AFF, Khiev Sameth.

Agenda utama dalam rapat virtual tersebut adalah pembahasan mengenai rencana FIFA yang mengusulkan Piala Dunia berlangsung dua tahun sekali. PSSI dan semua anggota AFF setuju dengan usul FIFA tersebut.

"Pada dasarnya PSSI setuju dengan adanya percepatan Piala Dunia yang akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali, baik itu untuk kelompok umur, dan senior,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga:

Ketua Umum PSSI Optimistis Timnas Indonesia Makin Kuat di Piala AFF 2020

Lepas Masa Karantina, Duo Malaysia Diharapkan Bisa Ikut Hadapi Timnas Indonesia

Yunus Nusi menyarankan supaya AFF terus menjalin komunikasi dengan FIFA terkait rencana Piala Dunia yang digelar dua tahun sekali. Menurutnya, harus ada diskusi mendalam antara FIFA dengan para anggotanya, termasuk AFF.

"Kemudian FIFA mengajukan proposal kepada tiap-tiap negara anggota agar bisa dikaji kembali dan dipertimbangkan oleh negara-negara tersebut," ujar Yunus Nusi.

Yunus Nusi menuturkan bahwa ke depannya AFF harus punya target untuk mengajukan negara-negara ASEAN (Asia Tenggara) menjadi tuan rumah Piala Dunia. Selain itu, PSSI meminta FIFA untuk menolak pencalonan negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Hal ini bertujuan agar semua negara bisa merasakan menjadi tuan rumah Piala Dunia," tuturnya.

Rencana FIFA untuk menggulirkan Piala Dunia dalam dua tahun sekali akan dimulai setelah 2026. Adapun Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sementara itu, Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar mulai 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022.