BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan alasan mengapa memilih nama Piala Menpora 2021 sebagai turnamen pramusim. Menurut Iriawan, nama ini merupakan bentuk terima kasih PSSI kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Sejauh ini, Menpora memang memiliki peran penting dalam kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021. Meski dua kali gagal mendapatkan izin dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), namun Menpora tetap berupaya untuk tetap menjalankan kompetisi.

Tidak hanya itu saja, tanpa bantuan dari Menpora, Iriawan mengaku akan sulit melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah. Selain itu, lewat Menpora jugalah akhirnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo setuju untuk melakukan vaksinasi COVID-19 untuk peserta liga.

Baca Juga:

Persib Siap Jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021

PSIS Semarang Sambut Piala Menpora 2021

"Kenapa menamakan Piala Menpora? karena Kemenpora bisa melihat apa kekurangan kami, karena ini baru dan ini merupakan extraordinary kompetisi belum pernah terjadi," kata Iriawan saat acara silaturahmi dengan stakeholder sepak bola, Kamis (18/2).

"Sehingga kita di dalam tidak tahu kekurangan apa yang terjadi itu Menpora dan perangkat bisa melihat. Kemudian juga ini menjadi kemudahan tersendiri untuk kita bisa menjembatani dengan pemerintah."

"Disaat situasi yang cukup sibuk dengan pak Kapolri, kami belum bisa bertemu tapi Menpora bisa ketemu dengan beliau disaat rapat terbatas. Sehingga bisa menyampaikan apa kesulitan yang kami dapatkan dalam kompetisi," tambah Iwan Bule.

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini juga berterima kasih kepada Menpora. Pasalnya, Menpora berani memberikan jaminan kepada Kapolri untuk bisa menggelar kompetisi pramusim atau pun Liga 1 dan Liga 2 2021.

"Terima kasih kepada pak Menpora, karena begitu atensi dengan sepak bola dan PSSI. Serta tahu betul kesulitan dari federasi, sampai memberikan jaminan garansi untuk jalannya kompetisi. Oleh sebab itu Pak Menpora sangat pantas sekali untuk menjadi nama turnamen," pungkasnya

Rencananya, Piala Menpora 2021 akan bergulir pada 20 Maret mendatang. Pada turnamen tersebut, sebanyak 20 tim ambil bagian dalam turnamen pramusim ini, 18 klub peserta Liga 1, PSMS Medan dan Sriwijaya FC sebagai wakil Liga 2.

Nantinya, 20 tim akan dibagi dalam empat grup wilayah, yakni Kota Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang sebagai venue. Opsi lain yakni Samarinda, Lampung, dan Palembang.

Format turnamen menggunakan single round robin. Juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di delapan besar, format menggunakan sistem single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitupun babak semifinal dan final.