BolaSkor.com - Semua mengharapkan pertandingan sengit ketika dua rival: Novak Djokovic dan Rafael Nadal bertemu di final Australia Open 2019, Minggu (28/01).

Namun fakta yang terjadi sebaliknya. Nadal harus menyerah secara straight sets dengan skor 3-6, 2-6, dan 3-6. Ini merupakan kali pertama petenis asal Spanyol itu kalah straight sets ketika melakoni partai final grand slam.

Baca Juga:

Australia Open 2019: Kalahkan Nadal, Djokovic Rebut Gelar Ketujuh

Naomi Osaka Bantah Terlalu Mudah dan Cepat Jadi Petenis Nomor Satu Dunia

Usai pertandingan, Nadal pun membeberkan alasannya kalah begitu mudah dari Djokovic. Menurutnya cedera telah membuat persiapannya tidak maksimal menuju Australia Open 2019.

Untuk diketahui, Nadal tidak memainkan pertandingan kompetitif sejak US Open 2018 bulan September lalu. Kala itu, ia mengalami cedera lutut dan akhirnya melakukan operasi.

Kemudian Nadal juga memilih untuk absen pada event eksibisi di Abu Dhabi dan juga tidak ikut turnamen Brisbane International. Niatnya melewati dua event ini memang ingin fokus ke Australia Open.

Tapi nyatanya Nadal tidak bisa mempersiapkan diri secara 100 persen di turnamen grand slam pertama tahun 2019 ini. Utamanya ia mengeluhkan permainan bertahannya yang begitu buruk.

"Saya pikir saya telah menunjukkan permainan menyerang sangat baik selama Australia Open. Tapi karena operasi, kemudian yang terjadi di Abu Dhabi, saya tidak bisa mempersiapkan permainan bertahan dengan baik," kata Nadal.

Ke depannya, dengan memainkan lebih banyak pertandingan, berlatih, dan kondisi fisik lebih baik, Nadal percaya diri bisa memperlihatkan kemampuan terbaiknya.*