Alasan Ronald Koeman Menginginkan Luuk de Jong di Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 September 2021
Alasan Ronald Koeman Menginginkan Luuk de Jong di Barcelona
Luuk de Jong dan Ronald Koeman (Laman Resmi Barcelona)

BolaSkor.com - FC Barcelona menjadi sorotan sepanjang bursa transfer musim panas 2021. Selain masalah finansial yang membatasi manuver transfer mereka, Blaugrana juga ramai dengan kepergian Lionel Messi.

Megabintang berusia 33 tahun meninggalkan Barcelona karena kontraknya tak diperpanjang. Aturan di LaLiga soal pembatasan gaji dan pengeluaran klub jadi alasannya. Drama transfer Barca berlangsung hingga deadline.

Pada deadline bursa transfer musim panas Barca meminjamkan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid dengan opsi beli permanen (40 juta euro). Sebagai gantinya, dengan transfer berbeda, Barca merekrut Luuk de Jong dari Sevilla.

Barcelona meminjamnya selama semusim dan kedatangan pemain berusia 31 tahun itu cukup menyita perhatian. Pertama, De Jong tak pernah masuk daftar incaran Barca dan usianya tak lagi muda.

Baca Juga:

Lindungi Keselamatan Pemain, LaLiga Tunda Laga Sevilla Vs Barcelona

Krisis Finansial Tak Buat Koeman Ingin Pergi dari Barcelona

Biasa Hidup Enak di Man City, Aguero Kaget dengan Kondisi Barcelona yang Berhemat

Luuk de Jong

Kehadiran De Jong melengkapi rekrutan anyar Barcelona musim ini selain Sergio Aguero, Memphis Depay, Eric Garcia, dan Emerson Royal (yang kemudian dijual ke Tottenham Hotspur). De Jong menambah kuantitas di lini depan Barca.

Alasan Barcelona Merekrut Luuk de Jong

Lini depan Barcelona masih disesaki pemain meski telah ditinggal Messi dan Griezmann. Di sana masih ada Martin Braithwaite, Depay, Ousmane Dembele, Aguero, Ansu Fati, Yusuf Demir, dan kini plus De Jong.

Perlahan mereka yang cedera seperti Ansuf Fati, Aguero, dan Dembele sedang dalam tahap pemulihan. Kehadiran De Jong pun menambah kuantitas di lini depan Barca. Dia datang atas permintaan langsung Ronald Koeman.

Pelatih Barcelona asal Belanda itu tahu kualitas De Jong dari masanya sebagai pelatih timnas Belanda pada medio 2018-2020. Dalam kariernya De Jong sudah mencetak 161 gol dan memberikan 77 assists dari 371 laga.

Meski begitu fakta performanya di Sevilla bukan yang terbaik dengan catatan 19 gol dari 94 laga, Koeman tetap meminta De Jong dan itu menjadi alasannya gabung ke Barcelona.

"Dia (De Jong) pemain yang menurut saya menarik, dia pencetak gol, siapa yang bisa menyundul bola, dia akan bagus untuk kami," kata Presiden Barca Joan Laporta soal De Jong di TV3.

"Kami juga memiliki Julio Salinas di Dream Team. Saya berbicara dengan Jordi Cruyff dan dia berkata 'ayah saya terkadang memiliki solusi yang tidak biasa'.”

Lantas kontribusi apa yang dapat diberikan De Jong untuk Barcelona? Sang pemain menjawabnya. Kelebihannya ada pada duel bola udara.

“Saya berbeda dengan penyerang di sini, saya tinggi, bagus di udara. Saya tahu saya tidak akan memainkan setiap pertandingan, tetapi saya memiliki hubungan yang baik dengan Koeman," papar De Jong.

"Dia mengenal saya dari tim nasional dan tahu kapan dia membutuhkan pemain yang tinggi dan bagus di udara di akhir pertandingan."

Dengan tinggi badan 1,88 meter mantan pemain Newcastle United dan PSV Eindhoven jadi pemain tertinggi keempat dalam skuad, di bawah Gerard Pique (1,94 meter), Neto (1,90 meter), dan Sergio Busquets (1,89 meter).

Breaking News Luuk de Jong Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.112

Bagikan