BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memang telah mendulang kesuksesan bersama dengan Bhayangkara FC. Gelar juara Liga 1 2017, berhasil didapatkan oleh tim berjuluk The Guardian dengan sengat menakjubkan.

Namun saat ini, Simon McMenemy tengah menangani Timnas Indonesia dan memiliki tugas untuk membuat sepak bola lebih baik lagi. Tentu, beda tim berbeda pula taktik yang akan digunakan oleh pelatih asal Skotladia tersebut.

Ketika menangani tim Bhayangkara FC, Simon McMenemy sangat indentik dengan formasi 4-4-2 diamond, sementara ketika sudah melatih Timnas Indonesia, Pelatih berusia 41 tahun ini lebih sering menggunakan 3-4-3.

"Di Bhayangkara saya pakai formasi 4-4-2 diamond karena waktu itu kami berlimpah pemain tengah. Tetapi kami punya kekurangan di pemain sayap," kata McMenemy dalam jumpa pers di SUGBK, Jumat (14/6).

"Ketika saya masuk Timnas kemarin saat TC di Australia, kami coba 4-4-2 lumayan berhasil, tetapi ketika babak kedua kita ubah jadi 3-4-3. Nah, di situlah kami bisa menguasai lebih banyak bola, terus permainan juga kami lebih kuasai, nah dari situ saya mulai berpikir mungkin ini adalah formasi yang cocok buat Indonesia," jelasnya.

Baca Juga:

Jelang Hadapi Vanuatu, Simon Minta Masyarakat Dukung Timnas Indonesia dan Lupakan Kekalahan dari Yordania

Pelatih Timnas Simon McMenemy Sebut Vanuatu Lawan yang Spesial

Tidak hanya itu saja, Simon McMenemy menjelaskan juga jika ia menggunkan formasi 4-4-2 ada beberapa pemain yang tidak akan mendapatkan tempat. Ini lah yang membuat ia menggunakan 3-4-3.

"Kalau saya pakai 4-4-2 diamond, pemain terluar atau pemain sisi lapangan tidak akan banyak mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam bentuk yang saya inginkan. Seperti contohnya Febri (Hariyadi), Riko (Simanjuntak), dan Andik (Vermansah) buat saya itu cocok buat Indonesia," ia menambahkan.

Keyakinan McMenemy terhadap taktik 3-4-3 setelah menang 2-0 atas Myanmar. Menurutnya, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan bisa menang lebih dari hasil itu dengan menggunakan formasi 3-4-3.

Lebih lanjut, McMenemy belum bisa membocorkan bakal kembali menggunakan 3-4-3 saat berhadapan dengan Republik Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

"Saya harap ketika lawan Vanuatu nanti kami tetap bisa bermain sesuai dengan yang saya inginkan," pungkasnya.