Alasan Tendangan Penalti Chelsea Diulang

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 08 Maret 2023
Alasan Tendangan Penalti Chelsea Diulang
Penalti Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Kontroversi terjadi pada duel Chelsea melawan Borussia Dortmund. Wasit memberikan tendangan penalti ulang untuk Chelsea setelah upaya pertama gagal. Lantas, apakah keputusan itu sesuai dengan peraturan?

Chelsea berhasil mendepak Borussia Dortmund usai unggul 2-0 pada leg kedua 16 besar Liga Champions, di Stadion Stamford Bridge, Rabu (8/3). The Blues menang 2-1 dalam hal agregat.

Gol pertama Chelsea lahir dari aksi Raheem Sterling jelang akhir babak pertama. Gol tersebut membuat The Blues bersemangat mencari gol kedua usai jeda.

Baca Juga:

Kai Havertz Jadi Sasaran Kritik, Graham Potter Pasang Badan

Gol dan Kemenangan Kontra Leeds United Tak Menyelesaikan Masalah Chelsea

Hasil Liga Champions: Chelsea Singkirkan Dortmund, Benfica Unggul Telak

Selanjutnya, Chelsea mendapatkan tendangan penalti setelah tembakan Ben Chilwell mengenai tangan Marius Wolf di kotak terlarang. VAR meminta wasit Danny Makkelie untuk melihat kejadian sebelum memutuskan memberikan penalti kepada Chelsea.

Kai Havertz maju sebagai algojo Chelsea. Namun, tembakan pemain asal Jerman itu mengenai tiang gawang.

Kontroversi pun dimulai usai wasit memberikan tendangan penalti ulang kepada Chelsea. Keputusan itu mengundang banyak tanda tanya dari pemain Dortmund. Namun, wasit tetap berpegang teguh.

Menurut Sports Bible, penalti Chelsea diulang karena ada sekitar tiga pemain Dortmund yang masuk area terlarang sebelum Havertz mengambil bola. Pernyataan Dale Johnson dari ESPN memperkuat jika keputusan wasit sudah tepat.

"Kontroversi soal penalti yang diulang bukan karena masuknya pemain itu sendiri. Ini soal dampaknya," tulis Johnson di Twitter.

Johnson menilai, aksi pemain Dortmund yang membuang bola liar usai membentur tiang gawang semakin membenarkan jika tendangan penalti perlu diulang.

"Tidak dapat dimungkiri jika pemain Dortmund mengambil bola. Seorang pemain yang melanggar penalti dan memainkan bola belum melakukan pelanggaran otomatis. Mereka harus berdampak pada lawan."

Chelsea Borussia Dortmund Breaking News Liga Champions
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan