Alasan Wartawan Boikot Acara Launching Persib Bandung 2020

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 26 Februari 2020
Alasan Wartawan Boikot Acara Launching Persib Bandung 2020
Dokumentasi Forum Wartawan Persib. (Dokumen Pribadi)

BolaSkor.com - Launching Persib Bandung 2020 diboikot wartawan. Tak hanya dari media cetak, online, radio hingga televisi serentak tak melakukan peliputan acara perkenalan tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk kekecewaan. Sebab selama ini media ofisial PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) membatasi kinerja wartawan.

Berawal dari musim 2018, secara sepihak bagian media ofisial PT PBB hanya memperbolehkan wartawan melakukan sesi wawancara dengan satu pelatih dan dua pemain.

Larangan itu berlanjut di musim 2019. Kini aturan itu ditambah dengan tidak memperbolehkan wartawan mengambil gambar di atas tribun saat pertandingan Persib Bandung. Namun larangan itu ternyata hanya berlaku untuk wartawan, sedangkan media sosial masih memiliki kebebasan.

Di musim 2020, aturan semakin diperketat dengan memperkenankan wartawan untuk melakukan wawancara setiap harinya dengan satu pelatih dan satu pemain yang akan dikoordinasikan oleh tim media ofisial.

Selain itu, media ofisial PT PBB juga hanya memberikan akses wartawan untuk mengambil gambar pada 15 menit awal kegiatan baik saat latihan maupun uji coba.

Puncaknya, wartawan mendapatkan undangan via surel. Dalam surel tersebut tidak ada regulasi mengenai peliputan. Namun H-1 launching, media ofisial PT PBB tiba-tiba melakukan larangan khususnya kepada wartawan TV untuk tidak mengambil gambar saat gelaran acara, baik secara live maupun record dengan alasan eksklusifitas.

Keputusan ini membuat seluruh wartawan, tak hanya TV merasa kebebasannya sudah direbut. Karena itu, mereka melakukan aksi boikot dengan mengembalikan ID peliputan acara launching Persib musim 2020.

Baca Juga:

Kiper Persib Made Wirawan Tak Lantas Sepakat Bhayangkara FC dan Persija Jadi Kandidat Juara

Robert Rene Alberts Sudah Punya Gambaran Skuat Persib untuk Buka Liga 1 2020

Perwakilan Forum Wartawan Persib, Endra Kusumah mengatakan bahwa aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan pada media ofisial PT PBB.

"Tentu aksi ini karena awalnya ada pembatasan dari PT PBB yang tidak memberikan keleluasaan terhadap kita untuk berkreasi. Sekarang ada launching, kita juga ada tuntutan untuk meliput juga. Tapi karena kita ingin menjadikan ini lebih baik, maka kita ambil sikap untuk tidak meliput launching Persib," kata Endra.

Endra akui, media ofisial PT PBB sempat melakukan klarifikasi dengan memperbolehkan seluruh wartawan termasuk TV melakukan pengambilan gambar. Namun tidak diperkenankan melakukan live termasuk di media sosial pribadi.

"Kita bukan anak kecil yang dikasih permen lalu diam begitu saja. Liga ini kan masih panjang. Kalau ada pelarangan pun harus ada hitam diatas putih. Ada kepastian hukum juga dan dipertanggung jawabkan," tegasnya.

Karena itu, saat ini Endra beserta rekan-rekan wartawan peliput Persib lainnya hanya menunggu pertanggung jawaban PT PBB terutama untuk pemberi keputusan yang membatasi akses wartawan dalam bekerja.

"Jadi jangan hanya larang-larang tapi harus ada kejelasan dan bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga)

Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.008

Bagikan