BolaSkor.com - Hari demi hari berlalu, euforia Piala Dunia 2018 sudah mulai dirasakan penggila sepak bola di seluruh dunia. Kendati musim 2017/18 belum berakhir, pembicaraan menyoal event besar empat tahunan itu sudah mulai dibicarakan saat ini.

Termasuk, analisa menyoal peta kekuatan masing-masing negara partisipan dari 32 negara yang terlibat. Kali ini, isu yang dibahas adalah tentang posisi full-back, baik itu bek kanan atau kiri. Menurut jajak pendapat yang dicantumkan Marca (12/3), Spanyol memiliki pasangan full-backs terbaik melalui representasi Jordi Alba di kiri dan Dani Carvajal di kanan.

Marca membandingkan mereka dengan duet: Dani Alves-Marcelo (Brasil), Jonas Hector-Joshua Kimmich (Jerman), Benjamin Mendy-Christophe Jallet (Prancis), Ashley Young-Kyle Walker (Inggris), Raphael Guerreiro-Cedric Soares (Portugal), dan Jan Vertonghen-Thomas Meunier (Belgia). Hasilnya, sebanyak 58 persen suara mendukung Alba-Carvajal ketimbang Alves-Marcelo yang mendapatkan 33 persen suara. Sisanya dibagi rata dengan pemain lainnya.

58 persen suara mendukung Alba-Carvajal. Tapi, benarkah demikian? Mengingat Marca sebagai media Spanyol, tedensius yang lebih mengarah ke duet Alba-Carvajal memang ada. Jika jajak pendapat saja tidak cukup, ada statistik yang membuktikan keduanya tengah dalam kondisi prima saat ini.

Carvajal, 26 tahun, sudah memperkuat Real Madrid sejak tahun 2013. Sejak saat itu hingga saat ini, posisinya sebagai bek kanan Madrid tak tergantikan. Carvajal perwakilan full-back modern yang rajin naik membantu serangan (overlap), serta bergerak cepat menutup pertahanan ketika diserang lawan.

Alba pun demikian. Terpaut usia dua tahun lebih tua dari Carvajal, Alba juga memiliki kecepatan untuk membantu tim bertahan dan juga menyerang di sisi kiri bermain. Baik itu di Barcelona atau Timnas Spanyol. Bedanya, Alba lebih tajam ketimbang Carvajal dalam urusan mencetak gol, karena dibantu dengan permainan ofensif Barcelona dan kejeniusan Lionel Messi, yang belakangan kerap menjadi playmaker bagi timnya.

Tapi hal itu tidak menjadi masalah. Terpenting, Alba dan Carvajal konsisten bermain sepanjang musim ini, serta berada dalam kondisi prima untuk bermain di Piala Dunia 2018. Pesaing mereka di Spanyol adalah Marcos Alonso, Sergi Roberto, dan Cesar Azpilicueta.

Statistik keduanya juga berbicara banyak menggambarkan performa mereka musim ini. Jika dibandingkan, tidak banyak perbedaan mencolok dari statistik Alba dan Carvajal. Berikut perbandingan statistik mereka.

1. Laga yang telah dimainkan: Alba 36 kali dan Carvajal 33 kali
2. Menit bermain: Alba 2.994 menit dan Carvajal 2.680 menit
3. Assists: Jordi Alba sembilan dan Carvajal tujuh
4. Merebut kembali bola: Alba 197 kali dan Carvajal 183 kali
5. Persentase operan sukses: Alba 86,91 persen dan Carvajal 83,94 persen
6. Persentase tekel sukses: Alba 70,31 persen dan Carvajal 66,18 persen

Jika sudah melihat statistik tersebut, apakah Anda setuju, jika menyebut Spanyol sebagai pemilik full-backs terbaik dunia?