Alexander-Arnold dan Robertson, Rajin Buat Assists dan Pecahkan Rekor di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 05 Mei 2019
Alexander-Arnold dan Robertson, Rajin Buat Assists dan Pecahkan Rekor di Premier League
Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson (@Squawka)

BolaSkor.com - Konsistensi Liverpool yang masih bersaing di Premier League dan Liga Champions musim ini bukan hanya karena kehebatan trio penyerang mereka: Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Selain memiliki lini depan yang cepat dan tajam, lini tengah Liverpool juga memiliki enerji bermain yang bagus, dan lini belakang memiliki pertahanan yang sangat kokoh. Pertahanan jadi satu titik yang paling memperlihatkan perkembangan pesat.

Liverpool, yang musim lalu kebobolan 38 gol dan duduk di peringkat empat klasemen, saat ini (dari 37 laga Premier League) baru kebobolan 22 gol. Beberapa faktor memengaruhi kekokohan lini belakang mereka, termasuk dua di antaranya karena keberadaan Alisson dan Virgil van Dijk.

Baca Juga:

Newcastle 2-3 Liverpool: Menang Dramatis, The Reds Pantang Menyerah Rebutkan Titel Premier League

Jurgen Klopp Ungkap Kondisi Cedera Mohamed Salah dan Roberto Firmino

Virgil van Dijk dan Alisson

Dua transfer termahal Liverpool dari AS Roma dan Southampton itu menjadi sosok yang tak tergantikan dalam skuat Liverpool saat ini. Tidak hanya itu saja, Jurgen Klopp sudah memiliki kuartet andalan di lini belakang.

Empat pemain itu adalah: Andrew Robertson, Van Dijk, Joel Matip, dan Trent Alexander-Arnold. Konsistensi keempatnya memaksa Joe Gomez, Dejan Lovren, dan Alberto Moreno harus menerima fakta tergusur ke bangku cadangan.

Keempat bek itu hanya sedikit dirotasi musim ini. Misalnya, Gomez yang menggantikan Alexander-Arnold atau Matip, begitu juga Lovren yang kerap menggantikan Matip, atau Moreno serta James Milner yang biasa diperankan sebagai pelapis Robertson.

Van Dijk, bek berusia 27 tahun asal Belanda, mengemas 37 penampilan di Premier League musim lalu atau memainkan setiap laga dengan jumlah penampilan 3295 menit. Sementara Matip (1445 menit) dan Lovren (986 menit) karena keduanya kerap dirotasi dengan Gomez.

Keberhasilan Van Dijk meraih Pemain Terbaik Premier League versi PFA menjadi bukti pengakuan performa hebatnya musim ini. Van Dijk jadi satu-satunya bek tengah terbaik Premier League yang juga tidak pernah berhasil dilewati lawannya.

Tapi, Van Dijk bukan satu-satunya benteng tangguh di lini belakang Liverpool bersama Alisson. Jangan lupa juga sosok dua pemain di sisi kiri-kanan pertahanan: Robertson dan Alexander-Arnold.

Breaking News Liverpool Trent Alexander-Arnold Andrew Robertson Premier League Jurgen Klopp
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan