BolaSkor.com - Liverpool menunjukkan performa sensasional sepanjang musim 2019-2020 yang berujung hadirnya trofi Premier League perdana dalam 30 tahun terakhir. Hal itu ternyata memberikan efek buruk terhadap kondisi fisik skuat The Reds.

Kiper utama Liverpool, Alisson Becker merasakan kelelahan yang luar biasa. Ia menganggap hal ini jarang terjadi sepanjang karier sepak bolanya.

Namun hal itu nampaknya bisa dimaklumi. Liverpool memang langsung tancap gas sejak awal musim untuk meninggalkan para rival.

Baca Juga:

Akhiri Penantian 30 Tahun, Liverpool Kini Perlu Belajar dari Duo Manchester dan Chelsea

Menilik Sentuhan Brasil pada Juara di Lima Liga Top Eropa

Liverpool Tak Boleh Dibiarkan Mendominasi Premier League

Alisson Becker dan Jurgen Klopp

"Ini adalah salah satu musim paling melelahkan yang pernah saya alami. Saya tidak tahu apakah ini karena pandemi sehingga kompetisi jadi lebih panjang," kata Alisson kepada ESPN Brasil.

"Padahal ini juga menjadi salah satu musim dimana saya bermain lebih sedikit karena cedera."

Seperti diketahui, Liverpool mengunci trofi Premier League saat kompetisi tersisa tujuh pekan. Itu merupakan sebuah rekor tersepat sebuah klub memastikan gelar juara pada kompetisi kasta tertinggi di Inggris.

Tim asuhan Jurgen Klopp itu juga tak terkalahkan dari 27 laga awal dengan catatan 26 kemenangan dan satu kali imbang. Performa Liverpool baru mengendur usai dipastikan meraih gelar juara.

"Kami keluar dari Liga Champions lebih awal, tetapi saya pikir kelelahan ini datang karena memberikan semua yang kami miliki setiap waktu. Klopp memiliki bagian yang besar dari itu dan hanya memberi tahu kami apa tujuan utamanya," tambahnya.

"Kami juga peduli tentang bagaimana kami akan mencapai tujuan itu. Dia memercayai kami untuk melakukan apa yang diinginkannya, tidak hanya pada sesi pelatihan, tetapi juga sehari-hari."

Pernyataan Alisson tersebut menunjukkan tidak ada yang instan dari kesuksesan Liverpool. Rasa lelah yang dirasakannya dan pemain Liverpool lain tentu setimpal dengan prestasi yang mereka raih dalam dua musim terakhir.