Amad Traore, Titisan Lionel Messi, dan Upaya Penanggalan Label Kikir Manchester United

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 06 Oktober 2020
Amad Traore, Titisan Lionel Messi, dan Upaya Penanggalan Label Kikir Manchester United
Amad Traore (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United melakukan kejutan jelang bursa transfer musim panas 2020 berakhir. The Red Devils menyelesaikan transfer pemain muda Atalanta, Amad Traore.

Amad Traore adalah pemain yang memperteguh pandangan jika Atalanta memiliki akademi terbaik di Italia. Traore tampil gemilang baik pada usia sebaya atau ketika menghadapi lawan yang lebih senior.

Amad Traore merupakan pemain yang berasal dari Pantai Gading. Ia hengkang ke Italia ketika masih berusia sangat muda.

Ketika itu, Amad Traore bersama sang saudara laki-lakinya, Hamed Junior, dan ibunya tinggal di Bibbiano, Emilia-Romagna. Mereka mengadu nasib demi hidup yang lebih baik.

Bersama saudaranya, Amad Traore menghabiskan banyak waktu untuk bermain sepak bola. Meskipun, keterbatasan membuat mereka tidak memiliki sepatu untuk bermain si kulit bundar.

Baca juga:

Rangkuman Transfer Lengkap LaLiga 2020-2021

Rangkuman Transfer Lengkap Premier League 2020-2021

Profil Ollie Watkins, Pencetak Perfect Hat-trick Bersejarah ke Gawang Liverpool

Amad Traore

"Mereka datang ke sini dengan pakaian seadanya," ujar editor surat kabar Gazzetta di Reggio, Enzo Guerri, yang mengetahui perkembangan awal karier Amad Traore.

Perjalanan karier sepak bola Amad Traore dimulai ketika bergabung dengan klub amatir, Boca Barco. Ia terpilih menjadi pemain terbaik dan top skorer ketika Boca Barco mengikuti turnamen Natal pada 2014. Ketika itu, Traore mengemas 12 gol.

Amad Traore sadar, ia harus berpindah klub untuk membuat langkah maju dalam perkembangan kariernya. Terlebih, Hamed Junior mendapatkan kesempatan bermain di Empoli.

Amad Traore sempat melakukan uji coba di Inter Milan, Juventus, dan AC Milan. Namun, takdir membawanya ke Atalanta usai pencari bakat termasyhur, Mino Favini, melihat aksinya.

Tak butuh waktu lama bagi Amad Traore untuk unjuk gigi. Meski sudah bergabung dengan Atalanta U-15 pada usia 13 tahun, tetapi Traore langsung mempersembahkan gelar Scudetto pada musim debut.

Setelah itu, Amad Traore rutin menapaki tangga klub berdasarkan usia. Pada akhirnya, bakatnya pun tercium oleh sang pelatih utama, Gian Piero Gasperini.

Amad Traore

Amad Traore pun membayar kepercayaan sang pelatih. Ia mencetak gol debut di Serie A setelah masuk sebagai pemain pengganti ketika La Dea menghadapi Udinese, Oktober 2019.

Berkat gol tersebut, Amad Traore menjadi pencetak gol termuda di Serie A dengan usia 17 tahun 109 hari. Ia pun membukukan catatan sebagai pemain pertama kelahiran 2002 ke atas yang bisa mencetak gol di Serie A.

Tak heran, Papu Gomez memberikan pujian jika aksi Amad Traore mirip Lionel Messi. Menurut Gomez, Traore sangat sulit dihentikan.

"Dia memiliki masa depan yang cerah. Percayalah kepada saya. Ketika latihan, dia seperti Lionel Messi. Anda tidak akan bisa menghentikannya," ujar sang kapten.

Ini bukan pertama kalinya pemain muda mendapatkan label titisan Lionel Messi. Namun, tidak jarang dari pemain-pemain tersebut justru tenggelam.

Sebut saja Bojan Krkic, Mauro Zarate, Gay Assulin, Iker Munianin, Ryo Miyaichi, dan Pietro Pellegri. Karier para pemain tersebut belum pernah mencapai apa yang ditorehkan La Pulga.

Dengan usia yang masih 18 tahun, perjalanan Amad Traore masih panjang. Sang pemain pun punya tempat baru untuk menempa ilmu yakni Manchester United.

Apa yang dilakukan Manchester United pada transfer Amad Traore memang menjadi anomali. Sebab, The Red Devils terkenal sebagai tim yang pelit dalam memberikan uang belakangan ini.

Amad Traore

Contohnya, pada transfer Alex Telles, meski Porto sudah memasang harga relatif murah yaitu 20 juta euro, tetapi Man United menawar hingga 12 juta euro. Kabarnya, itu merupakan perintah langsung dari keluarga Glazer yang mulai enggan merogoh kocek dalam-dalam.

Akan tetapi, pada transfer Amad Traore, Manchester United merekrutnya dengan mahar 21 juta euro yang bisa meningkat hingga 41 juta euro. Nilai tersebut terbilang tinggi untuk Manchester United yang membeli pemain muda.

Amad Traore tak langsung datang ke Old Trafford. Ia harus mengurus izin kerja terlebih dahulu. Traore baru membela Man United pada bursa transfer musim dingin 2021.

Amad Traore membuat Manchester United melakukan investasi besar. Tentunya, harapan adalah kian bersinar. Jika tidak, The Red Devils hanya bisa memandang dengan tatapan nanar. Mana yang benar? Kita hanya bisa menunggu dan bersabar.

Amad Traore Breaking News Manchester United Atalanta Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan