BolaSkor.com - Geliat olahraga Papua tengah berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 akan menjadi pelecut kebangkitan Negeri Mutiara Hitam di berbagai cabang.

Selama ini, Papua lebih dikenal sebagai pencetak pesepak bola handa. Mulai dari Boaz Solossa hingga Ian Louis Kabes pernah berseragam tim nasional.

Namun, untuk cabang olahraga lain seperti basket, Papua belum menunjukkan taji. Wakil Negeri Mutiara Hitam bahkan masih bisa terhitung jari di Indonesia Basketball League (IBL).

Saat ini, pebasket Papua yang cukup menarik perhatian adalah Riggs dan Hengky Lakay yang bermain di IBL. Sementara di tim nasional putri ada Lea Kahol yang pernah menjad juara FIBA 3x3 Asia U-18.

Baca Juga:

Klay Thompson Bakal Bergabung dengan LeBron James di Space Jam 2

Pendapatan LeBron James dan Stephen Curry Jauh Tinggalkan Pebasket NBA Lain

Kehadiran PON di Papua diharapkan bisa membangkitkan semangat bermain basket generasi muda di sana. Bahkan, sekretaris KONI Mimika, Caesar A Tunya, berambisi membentuk profesional.

“Saat ini kami sudah membicarakan soal hal itu. Tentu Papua ingin memiliki wakil di liga sebesar IBL,” ujar Caesar kepada BolaSkor.com.

Demi meningkatkan geliat basket di Papua, Caesar sudah punya rencana setelah PON 2020. Pemerintah Papua berencana menjadi tuan rumah IBL.

“Hal tersebut juga sudah masuk dalam pembicaraan,” ujar Caesar.