Ambisi Xavi Hernandez Lepas dari Bayang-bayang Guardiola

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 09 November 2021
Ambisi Xavi Hernandez Lepas dari Bayang-bayang Guardiola
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Ekspektasi tinggi mengiringi penunjukkan Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar Barcelona. Suporter Blaugrana berharap pria berusia 41 tahun itu bisa mengikuti jejak Pep Guardiola.

Barcelona baru saja memperkenalkan Xavi ke publik. Ia menggantikan Ronald Koeman yang dipecat usai dianggap gagal menangani Sergio Busquets.

Xavi tentu punya beban untuk meraih hasil yang lebih baik dari Koeman. Apalagi Barcelona kini masih tercecer dari perburuan gelar LaLiga dan belum mengunci tiket ke babak 16 besar Liga Champions.

Baca Juga:

10 Masalah yang Harus Segera Diselesaikan Xavi di Barcelona

Latih Barcelona, Xavi Hernandez Dapat Dukungan Iniesta

Pelatih Barcelona Ungkap Alasan Gagal Manfaatkan Keunggulan Tiga Gol

Xavi Hernandez

Barcelona tentu berharap Xavi bisa memberikan dampak positif secara instan. Hal itu pernah dilakukan Guardiola saat ditunjuk sebagai pelatih pada musim panas 2008.

Saat itu Guardiola langsung mempersembahkan treble winner di akhir musim. Ia kemudian menjelma menjadi salah satu juru taktik terbaik di dunia.

Xavi menyadari perbandingan dirinya dengan Guardiola. Namun ia tak mau hal itu mengganggu kinerjanya di Barcelona.

"Barcelona tidak dalam momen terbaik tetapi kami ingin memainkan sepakbola yang baik dan mendapatkan hasil. Saya memiliki ide yang sangat jelas," kata Xavi pada acara perkenalannya.

“Jika mereka membandingkan saya dengan Guardiola maka itu adalah sesuatu yang sangat positif. Dia adalah manajer terbaik di dunia."

"Saya mengerti tekanannya karena saya berada di klub terbaik di dunia. Harapannya luar biasa, kami harus bekerja keras untuk memenangkan banyak trofi," tambahnya.

Membandingkan Xavi dan Guardiola sebenarnya bukanlah hal yang adil. Kedua sosok tersebut menangani Barcelona dalam kondisi yang bertolak belakang.

Guardiola ketika mengemban tanggung jawab tersebut punya kesempatan menangani deretan pemain terbaik dunia. Sementara skuat Barcelona yang sekarang jauh dari kondisi tersebut karena adanya krisis finansial.

Hal ini tentu menjadi ujian sesungguhnya dalam karier kepelatihan Xavi. Jika mampu membawa Barcelona bangkit, maka ia juga bisa melampaui prestasi Guardiola.

Barcelona Xavi Hernandez Pep Guardiola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan