Analisis: 4 Perbaikan yang Harus Dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19 Lawan Kroasia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 08 September 2020
Analisis: 4 Perbaikan yang Harus Dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19 Lawan Kroasia
Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19/U-20 akan menghadapi Korasia pada pertandingan kedua International Friendly Tournament U-19 2020 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9). Pada laga kedua ini kemungkinan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan.

Untuk melawan Kroasia, Timnas Indonesia U-19 kembali tidak bisa diperkuat oleh dua pemain. Mereka adalah Muhammad Kanu dan Jack Brown. Keduanya dikabarkan masih mengalami cedera, sehingga masih membutuhkan waktu recovery sebelum siap bertanding.

Berkaca dari pertandingan pertama melawan Bulgaria, Shin Tae-yong akan tetap menggunakan formasi 4-4-2. Namun ada beberapa posisi yang akan dirotasi oleh Shin Tae-yong jika melihat performa pada pertandingan awal melawan Bulgaria lalu.

Baca Juga:

Sadari Kelebihan Kroasia, Shin Tae-yong Punya Harapan di Laga Kedua Timnas Indonesia U-19

Dua Pemain Ini Kembali Absen saat Timnas Indonesia U-19 Lawan Kroasia

1. Lini Belakang

Pada posisi penjaga gawang dan dua bek tengah, pelatih asal Korea Selatan tersebut akan tetap memilih, Ady Satrio, Rizky Ridho, dan Komang Tri. Ketiga pemain ini penampilannya paling stabil di antara pemain-pemain lain saat lawan Bulgaria, meskipun Ridho beberapa kali melakukan kesalahan.

Untuk posisi bek sayap, penampilan Bayu Mochamad Fiqri pada penampilan melawan Bulgaria belum maksimal. Bayu terlihat selalu tertinggal ketika mengejar bek lawan. Mungkin bek kanan akan diisi oleh Amiruddin Bagus Kaffa.

Pada sisi kiri penampilan Yudha Febrian sebenarnya tidak seperti biasanya yang sering membantu serangan dan memiliki umpan yang bagus. Jadi wajar saja, Yudha masih tetap menjadi pilihan utama Shin Tae-yong, meski ada Pratama Arhan.

Bayu Mochmad Fiqri. (PSSI)

2. Lini Tengah

Lini tengah sendiri, peran David Maulana masih belum bisa tergantikan. Jika diduetkan oleh Brylian Aldama kemampuan David dirasa akan lebih maksimal. Meskipun di sana ada nama Beckham Putra yang sebelumnya menjadi pilihan utama Fakhri Husaini sebagai gelandang serang.

Sementara di sisi sayap, Witan Sulaeman masih akan menempati di posisi kiri Timnas Indonesia U-19. Pengalamannya bermain di luar negeri memang menjadi salah satu kunggulannya. Sementara sisi kanan akan diisi oleh Mochamad Supriadi yang menjadi pemain pengganti Andi Irfan yang kurang maksimal saat melawan Bulgaria.

Brylian Aldama. (PSSI)

3. Lini Depan

Sementara pada lini depan, pelatih yang pernah mengalahkan Jerman pada Piala Dunia 2018 di Rusia lalu itu tidak memiliki banyak pilihan. Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari masih tetap menjadi pilihan utama pada laga melawan Kroasia ini.

Tidak adanya Bagus Kahfi dan Sutan Zico tidak membuat banyak pilihan bagi Shin Tae-yong. Terlebih sebelum berangkat ke Kroasia, Shin Tae-yong mencoret dua pemain depan. Jadi Wajar saja dua pemain ini akan menjadi pilihan utama.

4. Formasi 4-4-2

Shin Tae-yong memang sudah memiliki pakem untuk formasi. Ketika melatih Timnas Korea Selatan, ia menggunakan formasi 4-4-2. Formasi ini pun Shin Tae-yong gunakan ketika melatih Timnas Indonesia U-19, hasilnya memang belum maksimal.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 selalu menggunakan formasi 4-3-3 dan hasilnya sudah terlihat. Tapi memang seperti yang dikatakan oleh Shin Tae-yong saat ini Timnas Indonesia U-19 itu sedang berproses dan sedang beradaptasi dengan formasi tersebut.

Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-19 Vs Kroasia:

Timnas Indonesia U-19 (4-4-2): Ady Satrio (GK); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Tri, Yudha Febrian; Witan Sulaeman, Brylian Aldama, David Maulana, Mochamad Supriadi; Saddam Gaffar, Irfan Jauhari.

Timnas indonesia u-20 Trivia Sepak Bola Breaking News Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong
Posts

4.871

Bagikan