Analisis Arsenal 4-2 Tottenham: Kejelian Unai Emery Membaca Situasi Permainan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 03 Desember 2018
Analisis Arsenal 4-2 Tottenham: Kejelian Unai Emery Membaca Situasi Permainan
Unai Emery (Foto: @charles_watts)

BolaSkor.com – London Utara masih jadi milik Arsenal. The Gunners menang telak 4-2 melawan Tottenham Hotspur di pekan 14 Premier League, Minggu (2/12), melalui dua gol Pierre-Emerick Aubameyang (satu penalti), Alexandre Lacazette, dan Lucas Torreira.

Tottenham hanya mampu mencetak dua gol dari gol Eric Dier dan penalti Harry Kane. Tottenham menambah panjang catatan minor tiap kali mentas di markas Arsenal, dengan hanya meraih satu kemenangan selama 25 tahun lamanya.

Arsenal melanjutkan laga tak pernah kalah mereka di seluruh kompetisi menjadi 19. Catatan enam kemenangan beruntun Tottenham pun mampu dihentikan tuan rumah yang bermain dengan sangat baik. Menang dengan gaya, kata itu pas untuk menggambarkan kemenangan Arsenal.

Baca Juga:

Arsenal 4-2 Tottenham: The Gunners Geser Sang Rival

Derby London Utara, Arsenal Sepatutnya Jemawa atas Tottenham

Semenjak paruh pertama berlangsung, begitu banyak drama yang terjadi seperti keributan kecil yang terjadi pasca Dier mencetak gol. Dier memprovokasi suporter tuan rumah dengan gestur yang dia buat, Stephan Lichtsteiner tidak terima, dan kedua tim terlibat keributan kecil.

Kemenangan semakin terasa spesial bagi Arsenal karena mereka sempat tertinggal 1-2 di babak pertama. Tapi, berkat pergantian jitu Unai Emery, permainan Arsenal berubah di babak kedua dan sukses membalikkan keunggulan.

Melihat Henrikh Mkhitaryan dan Alex Iwobi tidak bekerja baik di paruh pertama, Emery langsung menarik keduanya dan memasukkan Aaron Ramsey serta Lacazette. Hasilnya pun sangat positif.

Ramsey memberi suntikan enerji di lini tengah permainan Arsenal dengan pengalamannya bermain di Derby London Utara, Lacazette menambah daya gedor di lini depan. Pertahanan Tottenham yang sudah memperlihatkan celah di babak pertama menjadi bulan-bulanan di babak kedua.

Kehadiran Emery benar-benar mampu membuat publik melupakan nama mantan manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger, yang sudah melatih klub selama 22 tahun.

22 tendangan yang dilepaskan Arsenal berbuah empat gol dari total tujuh tendangan tepat sasaran. Peluang yang mereka ciptakan membenarkan penguasaan bola 60 berbanding 40 persen Tottenham.

Arsenal menemukan ‘Arsenal’s Way’ dengan cara yang berbeda di bawah asuhan Emery. Meraih trofi di musim ini tidak menjadi hal yang mustahil dilakukan Arsenal. Tidak peduli apapun trofi yang berpotensi diraih di akhir musim.

Kembali ke laga Derby London Utara. Kunci kesuksesan Arsenal mengalahkan Tottenham bukan hanya terletak kepada kejeniusan Emery semata, karena ada beberapa faktor lainnya yang juga menentukan.

Breaking News Arsenal Tottenham Hotspur Premier League Derby London Utara Analisis Unai Emery
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.165

Bagikan