BolaSkor.com - Hujan yang menghiasi Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (27/11) tidak menghalangi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melepas kontingen untuk SEA Games 2019. Saat itu, Presiden Jokowi memberikan wejangan bagi atlet yang akan berlaga.

Didampingi Mensesneg Pratikno dan Menpora Zainuddin Amali, Presiden Jokowi menyemangati kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019. Ketika melepas atlet yang akan berlaga, Jokowi menyebut target untuk kontingen Indonesia.

"Kalau bisa 60 medali emas dan meraih peringkat dua besar. Karena di Asian Games 2018 kita (Indonesia) bisa finis urutan empat," ujar Presiden Jokowi ketika itu.

Tidak terasa sudah dua pekan sejak pidato Presiden Jokowi melepas kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019. Ajang dua tahunan tersebut pun sudah selesai.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Penutupan SEA Games 2019: Libatkan Black Eyed Peas Hingga Produser Olimpiade London 2012

Jadwal Siaran Langsung Penutupan SEA Games 2019

Tim Voli Indonesia SEA Games 2019
Tim Voli Indonesia

Lantas, apakah target yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019 sudah terpenuhi? Jawabannya adalah iya dan tidak.

Tergantung dari sisi mana Anda melihat pencapaian kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Kalau hanya dari segi perolehan medali emas, permintaan Presiden Jokowi sudah terpenuhi.

Meski demikian, apabila menilik target dua besar SEA Games 2019, rasanya jauh panggang dari api. Bagaimana tidak, Indonesia hanya menempati peringkat keempat, hanya naik satu posisi dari dua tahun silam.

Secara keseluruhan, kontingen Indonesia mengoleksi 266 medali SEA Games 2019. Sayangnya, dari jumlah tersebut, hanya 72 di antaranya yang merupakan medali emas.

Mayoritas medali SEA Games 2019 yang diterima Indonesia adalah perunggu, dengan total 110 medali. Sementara itu, 84 sisanya merupakan medali perak.

Di sinilah terdapat keanehan, bagaimana mungkin target emas SEA Games 2019 terpenuhi, tetapi gagal menjadi dua besar? Kemungkinannya hanya satu, yakni terjadi salah perhitungan sejak awal.