Analisis: Pentingnya Sosok Pogba di Setan Merah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 23 November 2017
Analisis: Pentingnya Sosok Pogba di Setan Merah
Paul Pogba (kiri) dan Nemanja Matic (Zimbio)

BolaSkor.com - Manchester United (MU) harus menunda lolos ke babak 16 besar Liga Champions menyusul kekalahan 0-1 saat tandang ke Basel, Kamis (23/11/17). Meski begitu, peluang MU masih terbuka lebar.

Kekalahan MU di Basel bisa menjadi bukti betapa tergantungnya pasukan Jose Mourinho kepada seorang Paul Pogba. Boleh dikatakan kekalahan ini tak lepas dari keputusan Mourinho menarik Pogba di babak kedua.

Hanya butuh satup poin untuk lolos ke 16 besar, MU tampil dominan di babak pertama namun gagal mengonversi peluang yang mereka dapat. Sebaliknya, Basel sukses menyempurnakan satu peluang di akhir laga lewat Michael Lang. Gol yang sekaligus membuka peluang bagi Basel lolos.

Di babak kedua, Basel bisa mengembangkan permainan mereka. Itu permainan tuan rumah makin membaik selepas Pogba ditarik keluar saat laga masih menyisakan sekitar 30 menit. Meski Mourinho memasukan Nemanja Matic dan Zlatan Ibrahimovic, tanpa Pogba lini tengah MU seakan kehilangan kesimbangan dan kendali.

Sebelumnya, Mourinho acap mengatakan tak pernah kehilangan pemain cedera. Namun pada kenyataannya MU sangat terpengaruh dengan absennya Pogba selama dua bulan. Bahkan pada akhirnya Mourinho sendiri mengakui betapa pentingnya sosok Pogba pada skuatnya.

"Saya pikir memang ada pengaruhnya. Kami tak lagi menjadi tim bagus setelah Pogba keluar," ujar Mourinho usai laga kontra Basel seperti dikutip situs resmi MU.

Saat Pogba absen dua bulan, MU mampu mencatat sembilan kemenangan. Namun secara keseluruhan permainan MU tak sedinamis saat diperkuat gelandang Prancis tersebut. Di luar sembilan kemenangan, MU juga menelan kekalahan dari Huddersfield dan Chelsea, serta tampil mengecewakan di markas Liverpool. Bahkan dalam tujuh laga terakhir sebelum Pogba kembali, MU hanya bisa mencetak tujuh gol.

Diakui atau tidak, seperti yang diucapkan Mourinho, MU bukanlah tim hebat tanpa Pogba. Dengan kata lain, Mourinho masih harus mencari formula yang pas sebagai alternatif permainan tanpa Pogba.

Manchester United Paul Pogba
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.964

Bagikan