Analisis: Taktik Southgate yang buat Inggris Merana

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 12 Juli 2021
Analisis: Taktik Southgate yang buat Inggris Merana
Timnas Inggris. (Twitter)

BolaSkor.com - Jargon 'Football Is Coming Home' terdiam ketika kiper timnas Italia, Gianluigi Donnarumma menepis sepakan penalti striker timnas Inggris, Bukayo Saka. Donnarumma berhasil menjadi pahlawan untuk membawa Italia menjadi juara Piala Eropa 2020.

Italia berhasil menjadi juara Piala Eropa 2020, usai mengalahkan Inggris melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, Senin (12/07) dini hari WIB.

Jauh sebelum adu penalti, Inggris unggul lebih dahulu melalui Luke Shaw pada menit kedua. Bola umpan silang Kieran Trippier disambut Shaw dengan tembakan kaki kiri.

The Three Lions bermain disiplin sampai baru kecolongan pada menit ke-67. Leonardo Bonucci memanfaatkan kemelut di depan gawang Inggris untuk menceploskan bola.

Lalu apa yang membuat Inggris merana?

Baca Juga:

Soal Kegagalan Penalti Saka, Roy Keane Salahkan Pemain Senior Inggris

Inggris Gagal Juara Piala Eropa, Kane: Menang-Kalah Ditanggung Bersama

Inggris 1-1 Italia (2-3): Gli Azzurri Juara Piala Eropa 2020

Timnas Inggris
Timnas Inggris. (Twitter)

Ditariknya Declan Rice

Declan Rice bermain apik bersama Kalvin Phillips di lini tengah Inggris. Keduanya menjadi duo jangkar untuk menghentikan pergerakan Marco Verratti dan Nicolo Barella.

Keduanya terbukti sukses, ketika Roberto Mancini mengganti Barella dengan Bryan Cristante. Namun, kesalahan Gareh Southgate adalah mengganti Rice dengan Jordan Henderson.

Henderson memang bermain militan, namun kapten Liverpool itu beberapa kali salah passing dan tak bisa menjaga kedalaman. Phillips berkerja sendirian melawan Verratti, Cristante, dan Jorginho. Pasalnya, Mason Mount juga tampil kurang greget.

Telat Memasukkan Jack Grealish

Southgate melakukan kesalahan dengan telat memasukkan Jack Grealish untuk menggantikan Mount. Pemain Aston Villa itu baru masuk di menit ke-98.

Padahal Mount sudah tidak bisa berkutik menghadapi Jorginho sejak 45 menit pertama. Mount hanya berlari-lari tanpa memberikan umpan-umpan pendek ke Harry Kane.

Timnas Inggris
Timnas Inggris. (Twitter)

Kesalahan Jadon Sancho dan Saka Ambil Penalti

Southgate kembali melakukan kesalahan di babak adu penalti. Ia memasukkan Jadon Sancho dan Saka mengambil tendangan penalti.

Sancho memang pemain muda berkaliber kelas wahid. Namun, ia baru tampil di satu laga bersama Inggris di Piala Eropa 2020. Mental bertandingannya belum terbentuk di lapangan.

Sedangkan Saka menjadi eksekutor kelima atau penentu. Biasanya beban ini diberikan kepada pemain senior. Apalagi Saka baru berumur 19 tahun. Southgate seharusnya memberikan penalti kepada Grealish, Shaw, atau Raheem Sterling.

Inggris Timnas Inggris Piala Eropa 2020 Gareth southgate Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan