Ancaman Kegagalan Hantui Era Baru Barcelona bersama Ronald Koeman

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 01 September 2020
Ancaman Kegagalan Hantui Era Baru Barcelona bersama Ronald Koeman
Ronald Koeman (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2020-2021 belum juga dimulai, tapi ancaman kegagalan sudah menghantui kubu Barcelona. Sejumlah persoalan memang mengganggu persiapan Blaugrana.

Barcelona tengah menjalani masa transisi setelah dua kali berganti pelatih selama kurang dari satu tahun terakhir. Sosok Ronald Koeman diberi kepercayaan untuk membawa klub asal Catalunya itu keluar dari krisis.

Manajemen Barcelona memecat Ernesto Valverde yang sukses mempersembahkan dua gelar LaLiga secara beruntun pada Januari lalu. Keputusan ini cukup mengejutkan karena saat itu El Barca masih memuncaki klasemen LaLiga.

Baca Juga:

Strategi Manchester City Datangkan Lionel Messi Tanpa Melanggar FFP

Lionel Messi Absen, Latihan Perdana Barcelona Diikuti 19 Pemain

Suporter VfB Stuttgart Patungan demi Tebus Lionel Messi

Ronald Koeman

Keputusan itu terbukti menjadi blunder setelah Quique Setien yang ditunjuk sebagai pengganti tak mampu memperbaiki keadaan. Sebaliknya, performa Barcelona kian menurun sehingga kehilangan gelar juara LaLiga dan dibantai Bayern Munchen dengan skor 2-8 di ajang Liga Champions.

Pemecatan Valverde dan kepemimpinan Setien juga menimbulkan konflik internal dalam tubuh Barcelona. Hal itu bahkan ditunjukkan secara terbuka oleh sejumlah pemain.

Konflik di tubuh Barcelona kian meruncing setelah Lionel Messi meminta hengkang. Berbagai masalah itu membuat tugas super berat kini harus diselesaikan Koeman.

Namun Koeman nampak sudah siap menghadapi hal ini. Ia seperti ingin membangun era baru Barcelona dengan mengandalkan kolektivitas permainan dan pemain jebolan La Masia.

Maka dari itu ia berani memasukkan sejumlah pemain bintang seperti Luis Suarez, Arturo Vidal dan Ivan Rakitic ke daftar jual. Koeman juga mencabut hak istimewa Messi sehingga tidak ada jaminan sang kapten akan selalu bermain.

Sejumlah keputusan Koeman itu diyakini membulatkan tekad Messi untuk hengkang. Ia bahkan memilih mangkir dari latihan pramusim Barcelona yang digelar sejak awal pekan ini.

Masalah untuk Koeman belum selesai. Niatnya melepas sejumlah pemain berusia tua tak diikuti agresivtas Barcelona di bursa transfer.

Sejauh ini baru Miralem Pjanic yang berhasil diboyong. Padahal LaLiga 2020-2021 akan segera bergulir.

Barcelona dikabarkan tak punya cukup dana untuk belanja pemain efek pandemi virus corona. Maka dari itu Koeman harus menjual sejumlah bintangnya demi memboyong pemain incaran.

Kemungkinan terburuk, Barcelona akan mengandalkan para pemain muda jebolan akademinya musim depan. Sejumlah nama seperti Ansu Fati dan Riqui Puig sudah mulai diberi kesempatan sejak musim lalu.

Meski begitu, mengandalkan pemain muda bisa membuat Barcelona kesulitan mengimbangi kekuatan rival abadinya, Real Madrid. Los Blancos tentu lebih percaya diri musim ini.

Hal itu nampaknya menjadi salah satu alasan kuat Barcelona memilih Koeman. Pelatih berusia 57 tahun itu memang dikenal gemar mengandalkan pemain muda dan membentuknya menjadi bintang.

Satu-satunya kekurangan Koeman adalah minimnya pengalaman menangani tim besar. Tekanan menangani Barcelona tentu jauh berbeda dengan saat bertugas meracik skuat Everton, Valencia, atau PSV Eindhoven.

Yang pasti Koeman tak punya banyak waktu untuk membawa Barcelona kembali ke jalur yang benar. Sejumlah hasil buruk di awal musim bisa membuatnya bernasib sama dengan Valverde dan Setien.

Ronald Koeman Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan