BolaSkor.com - Dua lawan Timnas Indonesia di sisa Kualifikasi Piala Dunia 2020 putaran kedua, yakni Vietnam dan Thailand hampir pasti gagal mengeksekusi rencana uji coba pada akhir Maret 2020. Virus Corona yang tengah mewabah menjadi penyebabnya.

Sesuai rencana, Timnas Vietnam mengagendakan uji coba melawan Irak pada 26 Maret. Agenda ini dijadwalkan mengingat Vietnam tak bermain di babak kualifikasi, saat Thailand menjamu Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menerima Malaysia.

Federasi Sepak Bola Irak (IFA) kabarnya sudah mengirim surat untuk penundaan pertandingan persahabatan. Hal ini karena kekhawatiran terhadap Virus Corona.

Baca Juga:

Terkejut Dipanggil ke Timnas Indonesia, Adi Satrio Siap Ambil Ilmu dari Para Senior

Bali United Legawa Lepas Tujuh Pemain ke Timnas Indonesia

Kasus virus Corona sebelumnya juga ditemukan di Vietnam. Tercatat setidaknya ada 13 kasus.

"Sementara itu, jika pertandingan persahabatan tidak dilaksanakan sesuai rencana, Vietnam akan menghadapi dilema ketika mencari pasukan berkualitas. Terutama pelatih Park Hang-seo, asal Korea akan pusing karena rencananya berulang kali punya masalah sebelum pertandingan melawan Malaysia," tulis Vietnamnet.

Adapun Timnas Thailand direncanakan menghadapi Panama pada 31 Maret. The War Elephants baru bertanding lagi pada 4 Juni melawan UEA setelah menjamu Timnas Indonesia pada 26 Maret.

Uji coba kemungkinan tak digelar sesuai jadwal karena kekhawatiran pihak Timnas Panama. Apalagi Thailand juga merupakan salah satu negara di Asia yang ditemukan kasus Virus Corona. Setidaknya ada 32 kasus yang ditemukan.

"Kami tidak akan melakukan perjalanan (ke Thailand) dan mengambil risiko yang tidak perlu untuk kehidupan kita semua," kata pelatih Timnas Panama, Ruben Gallego dikutip dari MENAFN.

Timnas Panama sedang mempertimbangkan uji coba melawan tim Asia lain pada akhir Maret. Terdekat Panama akan menghadapi Nikaragua sebelum melawan Guatemala pada 4 Maret.