Andai Ditunda ke 2021, PON Berlangsung pada Oktober

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 15 April 2020
Andai Ditunda ke 2021, PON Berlangsung pada Oktober
Zainudin Amali. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengungkapkan terdapat kemungkinan menunda PON 2020. Dalam video conference-nya, Zainudin menyebut kemungkinan PON bakal berlangsung pada Oktober 2021.

Penyebaran virus corona di Indonesia mencapai 5000 jiwa. Dari jumlah tersebut, sejumlah 469 di antaranya sudah meninggal dunia.

Alhasil, sejumlah aktivitas olahraga terancam penyelengaraannya. Setelah sejumlah agenda ditangguhkan, kini PON 2020 termasuk di antara event yang berpeluang ditunda.

Sebelumnya, Komisi X DPR telah meminta Kemenpora untuk menunda PON 2020. Mereka pesimistis ajang empat tahunan itu bisa berlangsung sesuai rencana di tengah pandemi virus corona.

Baca Juga:

DPR Instruksikan PON 2020 Ditunda

Menpora Siapkan Skenario Terburuk untuk PON 2020

Kini, Zainudin mulai membuka kemungkinan menunda PON 2020 ke Oktober 2021. Mengenai jarak yang cukup lama, hal itu menurutnya disebabkan berbagai agenda pada bulan lain.

“Usulan dari KONI minta maret, tetapi ada pertimbangan anggaran daerah belum semuanya keluar. PON 2020 pembiayaan kan dari APBD. Ideal itu Oktober, karena bulan lain terisi. April kan puasa dan lebaran tahun depan,” kata Zainudin.

“Mei dan Juni ada Piala Dunia U-20, lalu Juli dan Agustus ada Olimpiade. Nah September mungkin kan ada kegiatan dalam negeri. Kemudian November 2021 ada SEA Games di Vietnam. Kalau September, masih tentatif. Jadi bulan lain sudah terisi.”

“Iya ini rencana kalau ditunda. Setelah koordinasi dengan KONI, saya rasa Oktober itu. Belum lagi ditambah MotoGP, ada kegiatan atlet junior dan sebagainya. Jadi menurut saya Oktober paling memungkinkan kalau PON 2020 ditunda,” imbuhnya.

Pada awalnya, PON 2020 yang akan berlangsung di Papua dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Namun, munculnya virus corona membuat muncul ketidakpastian.

Breaking News PON PON 2020 Menpora Zainudin Amali
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan